Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Kesenian Banyuwangi, Jadi Tamu Kehormatan di Jerman

Penulis : Syamsul Arifin - Editor : Redaksi

26 - Aug - 2015, 08:12

Placeholder
Kesenian barong using dan tari pitik - pitikan (foto: googleimage)

JATIMTIMES, BANYUWANGI - Kesenian daerah Banyuwangi, tari Gandrung dan Barong Using, mendapatkan kesempatan istimewa untuk tampil serta menjadi tamu kehormatan pada ajang seni bergengsi Frankfurt Book Fair 2015, di Jerman. Sebagai perwakilan Indonesia, dua ikon daerah tersebut akan pamer kebolehan selama tiga hari berturut – tururt, mulai 28-30 Agustus 2015, di Museum Surferfest, Frankfurt.

Dijelaskan Bramuda, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, tim Banyuwangi yang berangkat ke Jerman terdiri atas 11 orang dan dipimpin oleh tokoh Budaya dan Pariwisata, Aekanu Hariyono. Dari jumlah tersebut, mereka terdiri dari Gandrung Profesional, seniman, budayawan, pelawak, penari, pengrawit dan pembaca lontar.

“Penari Gandrung senior, Temu Mustari juga menjadi salah satu personel tim yang ikut berangkat ke Jerman,” kata Bramuda, Rabu (26/08/2015).

Selama di Jerman, rombongan seniman Bumi Blambangan akan membawakan sejumlah tarian, antara lain Barong using Prejeng, Barong Using Gandrung, Jakripah dan pitik-pitikan formasi arak-arakan, Barong-Jakripah dan Paman Iris, Gandrung Profesional (Jejer-Gedhong-Paju) serta Jaran Goyang, Kuntulan Ngarak Manten dan Paju.

Sebagai persiapan, sebelumnya grup seni Gandrung dan Barong Using Banyuwangi, melakukan latihan bersama sejumlah musisi kenamaan, seperti Djaduk ferianto, Dwiki Dharmawan dan lainnya.

“Semua properti untuk tampil juga dibawa langsung dari Banyuwangi ke Jerman mulai Barong Using, Pitik-pitikan, jaranan buto, kendang, gong, kethuk, angklung paglak, patrol sampai jedhor pantus,” pungkas Bramuda. (*)


Topik

Wisata Dinas-Kebudayaan-dan-Pariwisata-Banyuwangi Tari-Gandrung Barong-Using



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syamsul Arifin

Editor

Redaksi