Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Dianggap Pro Kejahatan dan Koruptor, Polres dan Kejaksaan Situbondo Dilaporkan ke Mabes Polri

Penulis : Syamsul Arifin - Editor : Redaksi

23 - Nov - 2015, 14:47

Placeholder
Perwakilan LBH Nusantara dan GP Sakera, Situbondo, saat melapor ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (foto : istimewa)

JATIMTIMES, SITUBONDO – LBH Nusantara dan Gerakan perlawanan Situbondo Anti Korupsi, Edukasi, Resistensi dan Advokasi (GP Sakera) di Kabupaten Situbondo, melaporkan Kepolisian Resort dan Kejaksaan Negeri Situbondo ke Mabes Polri. Kedua institusi yang bertugas melakukan penegakan supremasi hukum tersebut dilaporkan karena dinilai pro kejahatan dan koruptor.

Data yang dihimpun Jamaatul Hidayat, anggota GP Sakera, sedikitnya ada 29 perkara korupsi, tambang liar dan lainnya yang sedang ditangani Polres Situbondo, mandeg begitu saja tanpa alasan yang jelas.

“Untuk itu, kami GP Sakera bersama LBH Nusantara beberapa hari yang lalu ke Jakarta untuk mengadukan mandegnya puluhan kasus di dua institusi penegak hukum Situbondo,” katanya, Senin (23/11/2015).

Polres Situbondo, sambung Hidayat, telah kita laporkan ke Mabes Polri dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Sedang untuk Kejaksaan Negeri Situbondo, dituding telah berkompromi terhadap 14 kasus korupsi dilaporkan ke Jaksa Agung Muda Pengawas (Jam Was), Komisi Kejaksaan dan Jaksa Agung.

"Mulai beberapa hari yang lalu kewajiban mengawal kasus korupsi di Situbondo oleh LBH Nusantara dan GP Sakera, sudah diserahkan ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) melalui kebijakan koordinasi supervisi KPK ke Kejaksaan dan Polri,” ungkap Hidayat.

Disebutkan, seluruh kasus yang di indikasikan tiba-tiba berhenti ditengah jalan, padahal rata-rata sudah satu tahun lebih dilaporkan. Namun Jaksa dan Polisi hanya bergerak saat ada yang mempertanyakan.

“Kita mendesak Mabes Polri dan Jaksa Agung, segera memutasi oknum Polisi dan Jaksa yang pro kejahatan dan pro koruptor sehingga penegakan supremasi hukum di Situbondo bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (*)


Topik

Peristiwa GP-Sakera LBH-Nusantara Polres-Situbondo Kejaksaan-Situbondo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syamsul Arifin

Editor

Redaksi