Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Pasca Pilkada Serentak 2015

Rekapitulasi di Tingkat Kabupaten Mundur Sehari

Penulis : Ardiyanto - Editor : Redaksi

14 - Dec - 2015, 11:12

Placeholder
PPK saat menyerahkan rekapitulasi tingkat kecamatan ke KPU Lamongan (foto : Ardiyanto/lamongantimes)

Rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten Lamongan dipastikan baru akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan, pada Kamis (17/12/2015) mendatang, mulai pukul 08.00 WIB.

Praktis, pleno rekapitulasi di Kantor KPU Jalan Basuki Rahmad, mundur sehari. Semula, KPU menjadwalkan rekapitulasi akan mulai digelar pada Rabu (16/12/2015). “Semula kita menjadwalkan tanggal 16 Desember,” ungkap Ketua KPU Imam Ghozali.

Sesuai PKPU Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tahapan Pilkada, rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kecamatan disediakan waktu dari tanggal 10-16 Desember 2015, sementara tingkat kabupaten diatur dari tanggal 16-18 Desember 2015.

Imam menjelaskan, penundaan selama sehari ini lantaran pada Senin (14/12/2015) sampai Selasa (15/12/2015) KPU dan Panwas Lamongan akan mengikuti rapat koordinasi di Pasuruan. “Ada rakor di Pasuruan yang diikuti KPU dan Panwas se-Jawa Timur,” terangnya.

“Kita lakukan koordinasi tanggal 16 untuk pleno di KPU, hari Kamis 17 baru rekapitulasi,” ucapnya. KPU menargetkan rekapitulasi perhitungan suara (real count) bisa rampung pada 18 Desember 2015 mendatang.

Terkait saksi, Imam berharap kepada masing-masing saksi dari kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Lamongan supaya hadir saat dilakukan rekapitulasi perhitungan surat suara di tingkat KPU. Sebab kehadiran para saksi ini sangat memengaruhi kelancaran dan transparansi rekapitulasi suara.

Pasalnya, dalam rekapitulasi di tingkat kecamatan banyak saksi dari pasangan calon Mujianto-Sueb (JOS) dan Nursalim-Edy Wijaya (SAE) tidak menampakkan batang hidungnya. “Kita harapkan semua hadir saat pleno rekapitulasi di KPU,” pungkasnya. (*)


Topik

Peristiwa Pasca-Pilkada-Serentak-2015 Rekapitulasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ardiyanto

Editor

Redaksi