Pasien DBD di Kota Probolinggo Melonjak

Pasien demam berdarah di rumah sakit. (foto: antaranews)
Pasien demam berdarah di rumah sakit. (foto: antaranews)

JATIMTIMES, PROBOLINGGO – Jumlah pasien demam berdarah dengue (DBD) yang menjalani rawat inap di RSUD dr Mohammad Saleh, Kota Probolinggo terus melonjak. Untuk Februari yang belum berumur sepekan, jumlah pasien sudah 16 orang.

Sepanjang Oktober 2015, pasien DBD tercatat sebanyak 21 orang. Bulan berikutnya naik menjadi 32 orang, kemudian 53 orang selama bulan Desember. Pada Januari 2016, pasien DBD sebanyak 77 orang.

Pasien tersebut, tak semuanya dari Kota Probolinggo. Ada pula yang dari Kabupaten Probolinggo.

“Perbandingannya fifty-fifty,” kata Wakil Direktur Pelayanan Medis dan Penunjang Taufiqurrahman, Sabtu (6/2/2016).

Taufiq menyebut, dibanding penyakit lain, pasien DBD merupakan yang terbanyak.

Menurutnya, kondisi tersebut tak terlepas dari faktor kondisi cuaca belakangan ini. Ditambah daya tahan tubuh, perilaku masyarakat dan faktor lingkungan. Dari angka tersebut, pasien anak-anak mendominasi.

“Biasanya karena daya tahan tubuhnya tak sekuat orang dewasa,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota Probolinggo Mujahra mengatakan, Pemkot Probolinggo telah menerbitkan surat edaran (SE) ke seluruh kelurahan dan satker.

“Mengimbau semua kelurahan kerja bakti melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M,” katanya. Yakni menguras penampungan air, mengubur barang bekas dan menutup tempat penampungan air, plus menghindari gigitan nyamuk. (*)

Pewarta : Muhammad Iqbal
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Muhammad Alwan
Sumber : Probolinggo TIMES
  • Jual Rumah Bodong, Oknum Pegawai Kadin Jombang Dipolisikan

    Andi Ariananda, warga Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, dipastikan akan berurusan dengan aparat hukum.

  • Napak Tilas Leluhur Lamongan

    Tepat di Hari Jadi Lamongan (HJL) ke - 447 yang jatuh pada 26 Mei 2016, rombongan yang di pimpin Wakil Bupati Lamongan Kartika Hidayati melakukan ziarah ke makam leluhur Lamongan.

  • Hanya Wacana, E-Parking Tak Mungkin Diterapkan

    Sempat menjadi perbincangan hangat di berbagai media massa, wacana Elektronik Parkir (E-Parking) yang digulirkan Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji rupanya tidak akan direalisasikan.

  • Trauma Kasus Pengeroyokan, Korban Ungkapkan Amarah di Depan Polisi

    Moh Nor Kholis, korban pengeroyokan menggunakan senjata tajam berupa celurit, asal Dusun Bunangka Timur, Desa Pasanggar, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, kecewa atas kinerja Polsek Pegantenan.

  • Gepeng Meronta saat Diciduk Satpol PP

    Seorang wanita yang diidentifikasi sebagai pengemis meronta saat hendak dibawa petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri, yang tengah melakukan razia, Kamis (26/5/2016).

  • Kenal Pil Koplo Sejak SD, Suhadak Ingin Perangi Narkoba

    Imam Suhadak mengenal narkoba bahkan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Kepada MALANGTIMES, Suhadak bertutur kisah pilu rekannya yang terjerat narkoba di usia belia.

  • Warga Padati Rumah Korban Pengeroyokan Saat Rekonstruksi

    Rencana reka ulang atau rekonstruksi kasus pengeroyokan yang dialami Nur Kholis, warga Dusun Bunangka Timur, Desa Pasanggar, Kecamatan Pegantenan, Kamis (26/5/2016) yang dilakukan sepuluh orang lebih, di rumah Moh Nor Kholis pada 10 Maret 2016 lalu, menua

  • Ribuan Warga Hadiri Haul Akbar di Pulau Sapudi

    Haul Akbar Almarhum KH Achmad Sufyan Miftahul Arifin dari Situbondo, di Desa Pancor, Kecamatan Gayam, Kepulauan Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendapat perhatian dari semua kalangan.

  • Penyebab Kebakaran Belum Diketahui

    Penyebab kebakaran Pasar Besar Malang, hingga kini masih belum diketahui.Pemerintah Kota Kota Malang menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk mengungkap apa penyebab kebakaran itu.

  • Tolak Elektronik Parkir, Jukir Luruk Balai Kota Malang

    Sistem Elektronik Parkir (E - Parking) yang diwacanakan Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji beberapa waktu lalu, rupanya mendapat respon dari juru parkir yang tergabung dalam Paguyuban Parkir Kota Malang (Papakoma).

  • Pegawai Kemenhub Meninggal saat Ikuti Latihan

    Satu lagi pegawai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI meninggal saat mengikuti pelatihan di Puslatpur Marinir, Grati.

  • Didik: Mengangkat Persela Merupakan Tugas Maha Berat

    Siapa pun pelatih yang akan diberikan mandat untuk menduduki kursi pelatih Persela Lamongan, tidak akan menjamin bakal mampu mengangkat prestasi Laskar Joko Tingkir dari jurang keterpurukan.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top
TIMES Jakarta Batu TIMES Satriamedia