Pasien DBD di Kota Probolinggo Melonjak

Pasien demam berdarah di rumah sakit. (foto: antaranews)
Pasien demam berdarah di rumah sakit. (foto: antaranews)

JATIMTIMES, PROBOLINGGO – Jumlah pasien demam berdarah dengue (DBD) yang menjalani rawat inap di RSUD dr Mohammad Saleh, Kota Probolinggo terus melonjak. Untuk Februari yang belum berumur sepekan, jumlah pasien sudah 16 orang.

Sepanjang Oktober 2015, pasien DBD tercatat sebanyak 21 orang. Bulan berikutnya naik menjadi 32 orang, kemudian 53 orang selama bulan Desember. Pada Januari 2016, pasien DBD sebanyak 77 orang.

Pasien tersebut, tak semuanya dari Kota Probolinggo. Ada pula yang dari Kabupaten Probolinggo.

“Perbandingannya fifty-fifty,” kata Wakil Direktur Pelayanan Medis dan Penunjang Taufiqurrahman, Sabtu (6/2/2016).

Taufiq menyebut, dibanding penyakit lain, pasien DBD merupakan yang terbanyak.

Menurutnya, kondisi tersebut tak terlepas dari faktor kondisi cuaca belakangan ini. Ditambah daya tahan tubuh, perilaku masyarakat dan faktor lingkungan. Dari angka tersebut, pasien anak-anak mendominasi.

“Biasanya karena daya tahan tubuhnya tak sekuat orang dewasa,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota Probolinggo Mujahra mengatakan, Pemkot Probolinggo telah menerbitkan surat edaran (SE) ke seluruh kelurahan dan satker.

“Mengimbau semua kelurahan kerja bakti melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M,” katanya. Yakni menguras penampungan air, mengubur barang bekas dan menutup tempat penampungan air, plus menghindari gigitan nyamuk. (*)

Pewarta : Muhammad Iqbal
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Muhammad Alwan
Sumber : Probolinggo TIMES
  • Pengisian Blanko Manifest Kacau Sebabkan Penumpukan Pengendara

    Meningkatnya volume kendaraan dari Bali yang menyeberang ke Banyuwangi pada H-8, Selasa (28/6/2106) tidak diimbangi dengan kesiapan petugas ASDP Gilimanuk di pos pengisian blanko manifest.

  • Persikapro U-17 Songsong Piala Suratin 2016

    Menghadapi kompetisi sepakbola Piala Suratin tingkat regional Jawa Timur tahun 2016, Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Probolinggo telah mempersiapkan diri membentuk skuad Persikapro U-17. Di mana kompetisi ini rencananya akan digulirkan mulai Juli mendatan

  • Istri Gus Dur Buka Puasa di Pasar Paiton

    Ratusan warga dan pedagang pasar berkumpul di Pasar Paiton Kecamatan Paiton, Minggu (26/6/2016) sore. Mereka menghadiri kegiatan buka bersama istri mantan Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Hj. Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.

  • Di India Berhias Kaligrafi, Taj Mahal Ini Bermotif Bunga

    Ada bangunan Taj Mahal di Jambuluwuk Batu Village Resort and Convention Kota Batu. Bukan bangunan sebenarnya, itu hanya replika tujuh keajaiban dunia yang terletak di Kota Agra India.

  • Berharap Damai, Penyekap Karyawan di Banyuwangi Tawarkan Barter Perkara

    Kasus penyekapan karyawan di Banyuwangi, menemui babak baru. Senin malam (27/6/2016), si manajer UD Makmur Bersaudara, Kabat, Andreas Haritanto, beserta istri, Kepala Administrasi

  • Sukses Jinakkan Slankers, Konser Megah Slank Berlangsung Tertib

    Slank tidak saja menjadi satu diantara sekian band papan atas yang masih bertahan puluhan tahun di dunia musik tanah air.

  • PKL Stadion pun Panen Rezeki

    Konser Religi, Slank-JatimTIMES yang digelar di Stadion Luar Kanjuruhan Malang, Senin (27/6/2016) tidak hanya menjadi ajang merajut kebersamaan

  • Moreno Kagumi Kreatifitas MalangTIMES

    Pembalap mobil nasional, Moreno Soeprapto kagumi kreatifitas MALANGTIMES (JatimTIMES Group) yang sukses menggelar event akbar bertajuk Ramadhan Tolak Narkoba, sore tadi, Senin (27/6), di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

  • "Doa" Lagu Terbaru SLANK untuk Malang

    Konser Slank di Parkiran Stadion Kanjuruhan Malang tidak saja menyuguhkan lagu-lagu legendaris band yang berdiri tahun 1980 itu.

  • Moreno Soeprapto Didapuk Jadi Duta Tagana Anti Narkoba

    Ramadhan Tolak Narkoba bersama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Stadion Luar Kanjuruhan Kabupaten Malang juga diisi dengan penetapan Duta Tagana Anti Narkoba.

  • Slank Bakar Penonton Dengan Lagu Pembuka "Balikin"

    Grup band legendaris SLANK benar-benar membuktikan diri sebagai grup band paling ditunggu di Malang Raya.

  • Terkena Ledakan Mercon, Dua Warga Luka Bakar

    Ledakan mercon di Desa Pesisir, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Senin (27/6/2016) siang memakan korban. Abdul Kadir (32) dan Solehuddin (14), warga setempat, mengalami luka bakar akibat ledakan mercon yang tengah dirakit.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top
TIMES Jakarta Batu TIMES Satriamedia