Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Lindungi Pengusaha Kecil, Diskoperindag Terbitkan “SI UMIK”

Penulis : Ika kalia - Editor : Redaksi

03 - Mar - 2016, 18:05

Placeholder
Seorang pekerja tengah membuat kerajinan tangan berbahan dasar sampah di galeri kerajinan Flodista Bondowoso, Jawa Timur, 17 September lalu. (Foto : Ika Kalia/BondowosoTIMES)

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Bondowoso, Jawa Timur, akan menerbitkan Surat Izin Usaha Mikro (SI UMIK) untuk melindungi pengusaha kecil di era Masyarakat Ekonomi ASEAN saat ini.

Kepala Diskoperindag Bondowoso, Bambang Sukwanto mengatakan, dengan memiliki Surat Izin Usaha Mikro ini, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengusaha kecil. Di antaranya kemudahan akses permodalan ke perbankan.

“Jadi kalau pelaku usaha mikro kekurangan modal, SI UMIK ini bisa membantu. Ini semacam memberikan kepastian untuk akses permodalan dari perbankan,” kata Bambang Sukwanto kepada BondowosoTIMES, Kamis (3/3/2016).

Dikatakan Bambang, sebagai langkah awal, Diskoperindag sudah melakukan pertemuan dengan Bank Jatim yang akan bekerjasama untuk mempermudah akses kredit permodalan bagi pelaku usaha kecil.

Selain itu, dengan memiliki surat izin ini, pengusaha kecil tak perlu lagi takut legalitasnya diragukan. Selain akan tercatat resmi di Diskoperindag, mereka juga akan lebih mudah mengakses dan mendapatkan berbagai pelatihan yang difasilitasi oleh Diskoperindag kabupaten maupun Provinsi Jawa Timur.

Catatan Diskoperindag Bondowoso sendiri menunjukkan, saat ini terdapat lebih dari 38 ribu UMKM yang ada di Bondowoso. Mayoritas usaha tersebut bergerak di bidang olahan makanan dan minuman, kerajinan, mebeler, hingga toko – toko kecil. Diperkirakan, angka ini naik 5 persen setiap tahunnya. (*)


Topik

Ekonomi Diskoperindag-Bondowoso Masyarakat-Ekonomi-ASEAN kerajinan-tangan-berbahan-Sampah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ika kalia

Editor

Redaksi