Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pohon Flamboyan Tumbang, Tutup Akses ke Vila Songgoriti

Penulis : Nurliana Ulfa - Editor : Redaksi

13 - Mar - 2016, 17:08

Placeholder
MELINTANG: Pohon flamboyan berdiameter 60 centimeter tumbang menutup akses menuju ke kawasan Songgoriti, Minggu (13/3/2016). (Foto: Nurliana Ulfa/batuTIMES)

Sebatang pohon tua tumbang di Jalan Songgoriti, tepatnya di depan Hotel Kartika Raya Songgoriti Kelurahan Songgokerto Kota Batu, Minggu (13/3/2016).

Pohon flamboyan berdiameter 60 centimeter tersebut ambruk pada pukul 14.45 WIB saat suasana jalan maupun hotel sedang lengang.

Siang hari tersebut, para pramuwisata yang berada tidak jauh dari lokasi sekitar kejadian mendengar suara benda jatuh dengan keras.

Ketika didatangi, ternyata pohon tua tersebut tumbang dan melintang di tengah jalan. Ujung pohon tumbang tersebut menimpa pagar dan atap hotel.

Warga pun lapor kepada ketua RW setempat dan lurah Songgokerto untuk kemudian diteruskan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu.

BPBD pun datang dan segera memangkas pohon tersebut dan mengevakuasi satu persatu potongan pohon agar tidak menghalangi jalan.

Sasmito, Ketua BPBD Kota Batu mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa maupun luka-luka yang diakibatkan pohon tumbang ini. “Kondisi akarnya sudah lapuk, sehingga menyebabkan pohon ini tumbang,” jelas Sasmito.

Meski tidak ada korban, namun kejadian pohon tumbang tersebut sempat menutup arus lalu lintas di Jalan Songgoriti.

Baik warga maupun wisatawan yang singgah di vila harus menunggu proses evakuasi untuk bisa melintasi jalan tersebut kembali.

Sasongko, Lurah Songgokerto Kota Batu mengatakan bahwa pihaknya akan komunikasi dengan dinas terkait, yaitu Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kota Batu dan Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Batu untuk memeriksa keadaan lebih lanjut.

”Kedepannya, kami komunikasikan dengan DCKTR dan KLH untuk memeriksa kondisi di sini, sebab sering ada pohon tumbang,” ungkap Sasongko.

Terlebih, Jalan Songgoriti yang masih lebat akan pepohonan ini merupakan akses wisata, baik menuju vila di dalamnya maupun wisata kolam renang, pemandian air panas, dan Candi Songgoriti. (*)


Topik

Peristiwa POHON-TUMBANG BATU



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurliana Ulfa

Editor

Redaksi