Bupati Luncurkan Gerakan "Ayo Nggawe WC"

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat menandatangi instruksi gerakan "Ayo Nggawe WC" di Ponpes Al Hidayah II Sekorejo, Selasa (24/5/2016). (foto: Ahmad Andi/PasuruanTIMES)
Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat menandatangi instruksi gerakan "Ayo Nggawe WC" di Ponpes Al Hidayah II Sekorejo, Selasa (24/5/2016). (foto: Ahmad Andi/PasuruanTIMES)

JATIMTIMES, PASURUAN – Persoalan sanitasi di Kabupaten Pasuruan masih menjadi perhatian. Sebab, banyak warga di Kabupaten Pasuruan yang masih buang air besar di sembarang tempat.

Namun begitu, pemerintah setempat sudah meluncurkan gerakan "Ayo Nggawe WC". Gerakan tersebut diharapkan mampu menuntaskan persoalan sanitasi. Selain itu, gerakan tersebut juga diharapkan bisa mewujudkan universal acces 100 0 100 pada tahun 2019 nanti. 

Yaitu 100 persen warga terlayani air bersih, 0 persen perkampungan kumuh dan 100 persen warga terlayani sanitasi.

"Banyak masyarakat di Kabupaten Pasuruan yang masih buang air besar sembarangan. Namun saya yakin, gerakan terpadu "Ayo Nggawe WC" yang digagas oleh forum Kabupaten Pasuruan Sehat ini dapat membawa perubahan yang lebih baik," kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf usai menandatangani instruksi gerakan "Ayo Nggawe WC" di Pondok Pesantrean Al Hidayah II Sukorejo, Selasa (24/5/2016).

Irsyad menjelaskan, desa di Kabupaten Pasuruan yang sudah berstatus Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan masih ada 24 desa. Selebihnya, desa-desa di Kabupaten Pasuruan belum terpenuhi akses sanitasi yang memadai.

"Butuh peran semua pihak untuk menuntaskan semua persoalan ini," jelasnya.(*)

Pewarta : Andi Hartik
Editor :
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Pasuruan TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top