Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Cegah Kanker Prostat dengan Lima Makanan Ini

Penulis : Deasy Mayasari - Editor : Redaksi

24 - May - 2016, 16:09

Placeholder
Ilustrasi. (Foto: momjunction.com)

Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang ditakuti para pria. Meski penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki ini terbilang jarang terjai pada pria Asia, namun penyakit ini perlu diwaspadai. Sangat disarankan untuk mengubah gaya hidup jangka panjang agar terhindar dari penyakit ini.

Ada beberapa hal kecil yang bisa dilakukan untuk terhindar dari kanker prostat. Salah satunya adalah lewat makanan. Berikut adalah lima makanan yang membantu mencegah kanker prostat seperti dilansir dari The Telegraph, Selasa (24/5/2016).

1. Teh Hijau
Dalam sebuah studi di Amerika yang diterbitkan pada tahun 2014, pria yang diberi diet ekstrak teh hijau dan hitam setiap hari selama 12 minggu memiliki peningkatan kualitas hidup dalam waktu enam minggu. Teh hijau bisa meningkatkan aliran urin dan penurunan peradangan urologis .

2. Tomat
Manfaat tomat untuk kesehatan prostat telah dikenal selama bertahun-tahun. Berbagai penelitian di seluruh dunia menemukan tomat mampu mengendalikan pertumbuhan prostat. Hal ini karena tomat kaya akan lycopene yang dapat memperlambat perkembangan kanker prostat.

"Kami tahu lycopene tampaknya memperlambat perkembangan kanker prostat, tapi sekarang tampaknya dapat memperlambat pembesaran prostat dan pengembangan BPH juga," kata Profesor Hiten Patel, dari Bart dan Rumah Sakit Royal London.

Profesor Hiten mengatakan, penelitian tentang manfaat tomat untuk mencegah kanker prostat harus dilakukan lebih lanjut sebelum direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin.

3. Kedelai
Telah ditemukan oleh berbagai penelitian bahwa kedelai dapat menurunkan angka kanker prostat pada pria. Mengkonsumsi kedelai dalam jumlah yang lebih banyak dapat membantu dalam mencegah kanker. Makanan dari kacang-kacangan lain yang mengandung cukup banyak protein juga lebih baik dikonsumsi daripada protein dari daging merah.

4. Brokoli
Sayuran seperti brokoli, kubis, dan kecambah secara alami mengandung senyawa sulforaphane, yang bermanfaat untuk melawan kanker. Pada 2015, sebuah tim ilmuwan dari Texas A & M Health Science Center menemukan bahwa suplemen dari senyawa brokoli dapat digunakan untuk mengobati bentuk lanjutan dari kanker prostat .

"Ada bukti yang signifikan bahwa sayuran dapat membantu mencegah kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengubah SUV39H1 dan histone metilasi profil, sulforaphane bisa menjadi terapi baru untuk kanker prostat," kata seorang peneliti, Roderick H Dashwood.

5. Jus Delima
Beberapa hasil penelitian menunjukkan, menkonsumsi jus delima setiap hari dapat memperlambat perkembangan kanker prostat. Sebuah studi melakukan pengujian pada 48 orang yang pernah operasi atau terapi radiasi untuk mengobati kanker prostat. Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Urological Association tahun 2009, menemukan bahwa pria yang minum jus delima mengalami pertumbuhan antigen prostat spesifik yang empat kali lebih lambat dari sebelumnya. (*)


Topik

Kesehatan tips-sehat kanker-prostat makanan-sehat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Deasy Mayasari

Editor

Redaksi