Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Era MEA, HAKKI Siap Hadapi Investor Asing

Penulis : Adi Suprayitno - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Jul - 2016, 21:31

Placeholder
Deklarasi dan peresmian DPD HAKKI Jatim (foto: adi s/surabayaTIMES)

Memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Himpunan Ahli Kontrak Kontruksi Indonesia (HAKKI) siap menghadapi serbuan investor asing. Salah satu yang dilakukan HAKKI adalah memuaskan pelanggan, sehingga tidak beralih ke ahli konstruksi lain terutama asing.

"Kita harus persiapan diri untuk menutup kelamahan. Biasakan diri untuk memuaskan pelanggan," tegas Sekjen HAKKI, Panani Kesai, di sela-sela deklarasi dan peresmian DPD HAKKI Provinsi Jatim, di Surabaya, Rabu (20/7/2016).

Menurut Panani, serbuan investor asing memang menjadi permasalahan serius. Mengingat sumber dana dari luar tentunya juga membawa tenaga, dan ahli hukum kontruksi dari luar.

Meski demikian, HAKKI jangan sampai kalah dengan investor luar. Apalagi Presiden RI, Joko Widodo telah membuat kebijakan untuk mempermudah perijinan. Namun kontraktor tidak usah takut. Anggota HAKKI harus merapatkan barisan yakni belajar disiplin.

"Disiplin tepat waktu penyelesaianya, biayanya tepat, kualitasnya sesuai yang dijanjikan. Jadi semuanya disiplin," ujarnya.  

Meski demikian, HAKKI masih bersyukur karena 70 persen kontraktor masih dominan dari lokal. Namun problem yang dapat muncul adalah dana yang dimilikinya sangat minim, sehingga mau tidak mau harus mengundang investor dari luar.(*)


Topik

Ekonomi MEA HAKKI



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Suprayitno

Editor

Sri Kurnia Mahiruni