Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jelang Idul Adha, Harga Sapi di Blitar Merangkak Naik

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Heryanto

24 - Aug - 2016, 18:20

Placeholder
Sapi calon hewan korban di Pasar Dimoro Kota Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 H, harga sapi di Kota Blitar, mulai mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut dipicu selain karena sebentar lagi Hari Raya Kurban, juga karena banyak hewan sapi yang dikirim dan dijual ke kota-kota besar.

Dari pantauan di lapangan, kenaikan tersebut seperti tejadi di Pasar Hewan Kelurahan Dimoro, Kota Blitar. Harga ternak sapi di pasar hewan milik Pemkot Blitar tersebut mengalami kenaikan Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu per ekornya.

Prawito, pedagang sapi asal Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri mengatakan, selain dipicu sebentar lagi Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, kenaikan juga disebabkan para pedagang lebih memilih menjual serta mengirimkan hewan ternak sapinya ke kota-kota besar seperti Jakarta. Bahkan ada juga yang dikirim ke luar Pulau Jawa, Batam dan Kalimantan.

“Sejak sepuluh hari terakhir, harga sapi sudah mengalami kenaikan. Kenaikan harga sapi berkisar antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu per ekornya, untuk semua ukuran sapi. Dan yang paling banyak dicari pembeli, sapi yang harganya di bawah Rp. 20 juta,” kata Prawito kepada wartawan, Rabu (24/8/2016).

Sementara Kasturi, calon pembeli hewan sapi menyampaikan mau tidak mau terpaksa mengikuti harga hewan di pasaran.

“Meski harga hewan sapi naik, kami akan tetap membeli karena akan dijadikan hewan kurban nanti,” kata Kasturi.

Sekedar diketahui, untuk harga sapi yang sudah siap dijadikan sebagai hewan kurban bervariasi, tergantung besar kecilnya hewan sapi tersebut.

Untuk ukuran kecil berkisar antara Rp 12 juta hingga Rp. 13 juta. Dan  yang ukuran sedang antara Rp. 16 juta hingga Rp. 17 juta. Sementara,  untuk ukuran besar atau jumbo mencapai Rp. 28 juta hingga Rp. 30 juta. (*)


Topik

Peristiwa Harga-Sapi Jelang-Idul-Adha



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Heryanto