Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

1.500 Pemuda Banyuwangi Mengikuti Pelatihan Internet Marketing

Penulis : Widie Nurmahmudy - Editor : Redaksi

29 - Sep - 2016, 20:24

Placeholder
Pelatihan internet marketing terhadap 1.500 pemuda di Banyuwangi (Foto : Widie Nurmahmudy/BanyuwangiTIMES)

Dinas Pemuda dan Olahraga (Diaspora) Kabupaten Banyuwangi, pagi ini menggelar pelatihan internet marketing untuk 1500 pemuda di Gedung Wanita Banyuwangi. (29/9/16).

Kegiatan pelatihan marketing internet bertujuan untuk meningkatkan marketing produk yang ada di Banyuwangi. Baik itu yang berkaitan dengan produk IKM dan UMKM maupun potensi wilayah Banyuwangi.

Menurut kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Wawan Yadmadi, Pelatihan internet marketing sengaja membidik para IKM, UMKM dan SMK.

“Untuk tahun ini kami sengaja membatasi jumlah dan kalangan peserta. Jika tahun lalu kami menjaring setiap sekolah-sekolah, untuk tahun ini sekolah yang menjadi peserta hanya SMK. Selain komunitas dan wirasuaha lainnya.” Ungkapnya kepada Banyuwangi TIMES.

Wawan menambahkan, pelatihan internet marketing, setidaknya akan membuka wawasan generasi muda Banyuwangi untuk berani memulai sebuah usaha. Selain teknik internet marketing, materi dasar kewirausahaan (entrepreneurship) juga diberikan oleh para praktisi.

"Para peserta dikenalkan cara apa saja yang bisa dipakai untuk menemukan pasar potensial, cara mendesain, pentingnya pembuatan website, hingga strategi pemasaran online, termasuk mengintegrasikannya dengan media social," jelas Wawan.

Dia menambahkan, pelatihan internet marketing juga sebagai salah satu cara meminimalisir ketersediaan lapangan pekerjaan. Apalagi, kata Wawan, saat ini Banyuwangi sedang gencar-gencarnya di lirik banyak pasang mata. Sehingga, peluang tersebut harus ditangkap dengan mengexpose potensi-potensi local lainnya.

“Tidak menutup mata kalau masih banyak SDM yang aktif dan pasif. Nah, kami siap menjadi konseling, diskusi dan pendampingan bagi semua pihak. Dan hal-hal seperti ini akan terus kita dorong,” ujar Wawan.

Salah satu pemateri pelatihan internet marketing Cucuk Rustandi mengatakan, para peserta akan diajarkan sejumlah trik dan strategi memasarkan produknya. Terutama tentang potensi wilayah masing-masing peserta. Dan nantinya akan dibuatkan satu grup jejaring social untuk lebih mudah memantau perkembangannya.

“Selama ini kebanyakan masih banyak yang belum yakin dengan potensi di daerahnya masing-masing. Sehingga banyak yang enggan. Dan semoga saja, dengan pelatihan kali ini, semua peserta, minimal 80 persen bias terkoneksi dengan potensi local, baik itu produk maupun objek wisatanya.” kata Cucuk.

Caranya pun, kata Cucuk, tidak ribet karena tanpa harus menggunakan aplikasi khusus. “Yang penting adalah mereka measarkan online tepat ke sasaran pangsanya. Seperti saya ini, bisnis travel dalam satu bulan bias meraih omzet 60 juta. Kuncinya adalah riset dulu.” ungkapnya dihadapan 1.500 peserta pelatihan.


Topik

Peristiwa Pelatihan-Internet-Marketing Banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Widie Nurmahmudy

Editor

Redaksi