Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Kian Menggeliat, UMKM Kota Malang Akan Ditingkatkan jadi UKM

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - Oct - 2016, 14:48

Placeholder
Wakil Walikota Malang Drs.Sutiaji(Anggara/MalangTIMES)

Dengan Semangat Kerja Nyata Mari Kita Mantapkan Jawa Timur Sebagai Provinsi Industri Berbasis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), itulah semboyan dalam memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-71 yang juga diperingati di Kota Malang.

Saat ini industri UMKM menjadi salah satu fundamental perekonomian di provinsi Jawa Timur. Dalam hal UMKM bukan saja menjadi produsen PDRB (Produk Domestik Regional Bruto), namun juga menjadi faktor utama pembentuk ekonomi dan infestasi non fasilitas yang sebagian mendominasi untuk realisasi investasi di Jawa Timur yang pada tahun 2015 sebesar 58,51 persen dan semester 1 tahun 2016 telah mencapai 47,74 persen prodak domestik regional bruto.

Bukan saja hanya di bidang investasi, UMKM juga bisa memberikan Kapital Inflow bagi Jawa timur dalam upaya mewujudkan surplus perdagangan antar pulau yang pada tahun 2015 berhasil menembus angka 99,83 triliun dan di semester satu pada tahun 2016 dengan capaian 50,80 triliun.

Wakil Walikota Malang, Sutiaji mengungkapkan, pentingnya meningkatkan industri di Kota Malang melalui UMKM yang nantinya akan berdampak pada majunya perekonomian masyarakat.

“Sesuai dengan tema upacara meningkatkan industri melalui UMKM, Pemerintah Kota Malang sendiri akan meningkatkan 200 lebih UMKM untuk lebih menguasai daya saing ekonomi global dan meningkatkan potensi UMKM tersebut menjadi UKM," ujarnya.

Sutiaji menambahkan, lemahnya perekonomian bukan saja disebabkan faktor kasta bawah, perekonomian global tersebut tidak akan memberi pengaruh terhadap masyarakat jika suatu UMKM ataupun UKM itu bisa bertahan dalam persaingan.

"Produsen dan pasar yang ada kan dari lingkup kalangan bawah, jadi kabupaten dan kota juga harus berkomitmen dalm menguatkan UMKM," tandasnya.

"Di Kota Malang industri kreatif sudah mulai menggeliat, apalagi dengan adanya kelurahan tematik,  namun antara kelurahan satu dengan kelurahan yang lain jangan sama, jadi harus pandai saling mengisi kekurangan, yang mendukung kemajuan UMKM jugal," tambahnya.

Kedepan ia juga berharap banyak pihak intelek yang bisa membantu dalam memperbaiki serta meningkatkan kualitas ekonomi maupun pengembangan UMKM.

"Sentuhan dingin tangan intelek seperti perguruan tinggi juga dibutuhkan yang akan berguna dalam membantu peningkatan itu," pungkasnya.


Topik

Ekonomi UMKM



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni