Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Dianggap Pemborosan Uang Negara, IDI Kabupaten Pasuruan Tolak DLP

Penulis : M. Khoiron - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

24 - Oct - 2016, 18:24

Placeholder
Aksi damai IDI Cabang Kabupaten Pasuruan di Depan RSUD Bangil menolak Prodi DLP, Senin (24/10/2016).

Peringatan Hari Dokter Nasional (HDN) diwarnai aksi penolakan Program Studi Dokter Layanan Primer (DLP) di sejumlah wilayah.

Seperti yang dilakukan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pasuruan menggelar aksi damai di depan RSUD Bangil, Kabupaten Pasuruan, Senin (24/10/2016).

Program Studi DLP merupakan  pendidikan tambahan untuk dokter umum sehingga memperoleh gelar spesialis layanan primer. Sementara untuk dokter yang sudah menjalankan praktik lebih dari 5 tahun, cukup menempuh 6 bulan saja. Program tersebut tertuang dalam UU No 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Dokter. 

Kepada PasuruanTIMES, Ketua IDI kabupaten Pasuruan dr.Sujarwo menilai bahwa pemerintah terlalu mengahambur- hamburkan uang melaui Program Studi DLP ini.

"Pemerintah terlalu mengahambur-hamburkan uang negara dengan program studi DLP," ujarnya.

Sujarwo juga menyayangkan, harusnya pemerintah lebih melihat terhadap pendidikan kedokteran saat ini. Biaya kedokteran yang sangat tinggi sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat.

"Uang negara harusnya difungsikan untuk menYubsidi pendidikan dokter. Bukan malah menambah waktu pendidikan," tambahnya.

Pungkasnya, ia sangat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan dan menjaga kompetensi dokter umum dan layanan primer. Namun menambah waktu pendidikan kedokteran bukan menjadi solusi yang tepat untuk diterapkan.


Topik

Peristiwa IDI-Kabupaten-Pasuruan Tolak-DLP Pemborosan-Uang-Negara



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Khoiron

Editor

Sri Kurnia Mahiruni