Dinas PU Lumajang Sosialisasikan Jasa Konstruksi

Pemateri dari Lembaga pengembangan Jasa kontruksi Jatim.Ir.Soetatmo,Dipl,SE
Pemateri dari Lembaga pengembangan Jasa kontruksi Jatim.Ir.Soetatmo,Dipl,SE

JATIMTIMES, LUMAJANG – Pemerintah Kabupaten Lumajang, melalui Dinas Pekerjaan Umum menggelar sosialisasi mengenai Peraturan Perundang-undangan Jasa Konstruksi. Dimana pembangunan infrastruktur memegang peranan penting dalam peningkatan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan. Kegiatan itu digelar di aula Amanda, jalan Panjaitan Lumajang, Selasa (29/11).

Peserta kegiatan sebanyak 120 orang dari KPA/PPTK Dinas PU, Ketua ULP dan Ketua Pokja Kabupaten Lumajang dan Anggota Asosiasi Pengadaan Barang/jasa. Selanjutnya materi dari Lembaga pengembangan jasa kontruksi Jatim, Ir.Soetatmo, Dipl, SE.

Kepala Bagian Pembangunan Kabupaten Lumajang, Sudiono,SE mengatakan, pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengguna dan penyedia jasa konstruksi di Lumajang.

"Selain itu, memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pelaku jasa konstruksi tentang regulasi yang mengatur jasa konstruksi, sehingga dalam kegiatan usahanya sesuai dengan peraturan yang berlaku,"katanya.

Jasa konstruksi mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan fisik dan ekonomi, mengingat kegiatan ini dapat menyerap tenaga ahli maupun tenaga terampil. "Jasa konstruksi harus mendapatkan perhatian, baik dari pemerintah daerah, provinsi maupun pemerintah pusat,"ungkapnya

Ia mengatakan, pembinaan jasa konstruksi perlu dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan agar hasilnya maksimal sehingga meningkatkan kemampuan pelaku jasa konstruksi, dalam upaya mewujudkan tertib usaha, tertib penyelenggaraan pekerjaan dan tertib pemanfaatan hasil pekerjaan jasa konstruksi.

"Bentuk pembinaan hendaknya difokuskan untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat jasa konstruksi atas hak kewajiban perannya dalam pelaksanaan jasa konstruksi termasuk pemberdayaan tenaga ahli tenaga terampil,"jelasnya.

Lebih lanjut, Diono menegaskan dalam upaya untuk menumbuhkan jasa konstruksi perlu diikuti dengan tatanan penyelenggaraan yang maksimal, sehingga tidak muncul masalah di kemudian hari.

"Permasalahan yang muncul dalam kegiatan jasa konstruksi meliputi belum optimalnya mutu produk, waktu pelaksanaan dan efisiensi pemanfaatan sumberdaya, belum sepenuhnya patuh pengguna dan penyedia jasa terhadap ketentuan perundangan yang ada serta belum optimalnya kemitraan yang sinergis antar Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) dan badan usaha jasa konstruksi dengan masyarakat," tegasnya.

Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten Lumajang akan terus memacu pembangunan infrastruktur, guna mendorong pertumbuhan perekonomian. Peran sektor jasa kontruksi dalam pembangunan ekonomi sangatlah besar.

"Setiap pembangunan memerlukan infrastruktur yang handal dan berkualitas, karena itu diperlukan sumber daya manusia atau pelaku jasa konstruksi yang memiliki kinerja berkualitas dan mampu bersaing dengan kontraktor daerah lain yang keberadaannya sudah tidak bisa dihindari," tungkasnya(mim).

Pewarta : Moch. Imron

Pewarta : moh. imron
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Anang Sugara
Sumber : Lumajang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top