Sate Ayam, Nasi Goreng, Laris Manis di Moscow Winter Bazaar 2016

Suasana Hajatan Moscow Winter Bazaar di Moskow, Senin (28/11/2016) (Foto : KBRI Moskow for MalangTIMES)
Suasana Hajatan Moscow Winter Bazaar di Moskow, Senin (28/11/2016) (Foto : KBRI Moskow for MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Hajatan Moscow Winter Bazaar kembali digelar International Women's Club of Moscow (IWCM) pada 26 November 2016 di Hotel Radisson Slavyanskaya. Kegiatan ke-28 sejak tahun 1994 ini diikuti lebih 100 perwakilan asing di Moskow, berbagai perusahaan swasta, sponsor dan sukarelawan manca negara serta dihadiri ribuan pengunjung.

KBRI Moskow yang dimotori Dharma Wanita Persatuan turut berpartisipasi di Winter Bazaar.

Di food bazaar, Indonesia membuka gerai berbagai kuliner khas Indonesia seperti sate ayam, lumpia, nasi bakar, bakwan, martabak, aneka kue, mi instan, kopi instan dan sebagainya, yang ramai dikunjungi pembeli.

Sementara di crafts and goods bazaar, gerai Indonesia menampilkan berbagai handicraft Indonesia seperti kemeja batik, kipas batik, syal batik, pakaian songket, bros wayang, pembatas buku wayang, perhiasan, dan aneka kerajinan khas Indonesia lainnya.

Gerai khusus juga menyajikan kopi “Torabika Kapucino” dari Grup Mayora yang laris dikunjungi pembeli.

“Saya sangat berterima kasih atas kiprah Dharma Wanita Persatuan KBRI Moskow melaksanakan culinary diplomacy kepada khalayak Rusia,” ujar Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus Wahid Supriyadi saat berkunjung ke gerai kuliner.

Selain itu keuntungan yang disumbangkan DWP KBRI Moskow melalui IWCM bagi kalangan yang membutuhkan di Rusia, sangat bermakna bagi peningkatan citra positif Indonesia di masyarakat Rusia dan internasional.”

Selain menyajikan aneka kuliner dan produk manca negara, di ruang teater Winter Bazaar sejak pagi hingga sore disuguhkan pula berbagai pertunjukan seni budaya internasional.

Selama 20 menit, Indonesia menampilkan empat tarian, yakni tari Jaipong “Toka-Toka” dari Jawa Barat oleh Katerina Makanina, tari kontemporer “Sari Dewi” dari Jawa Tengah oleh 7 mahasiswa dan mahasiswi Rusia dari Institute of Asia Africa Moscow State University, tari “Lenggang Nyai” dari Jawa Tengah oleh 4 mahasiswi Indonesia di Rusia, dan tari “Condon” dari Bali oleh Saori Watanabe, warga Jepang yang bermukim di Moskow.

Tarian yang energik dengan musik lincah serta kostum menarik mendapat aplus meriah penonton.

Salah seorang penonton asal Rusia menyampaikan antusiasmenya.

"Selain terkenal sebagai tempat wisata, Bali juga memiliki budaya sangat tinggi. Saya sangat menikmati tarian yang tadi dimainkan. Sangat energik dan unik,” ujar Svetlana, seorang  mahasiswi Rusia.

International Women's Club of Moscow (IWC) www.iwcmoscow.ru didirikan tahun 1978 dan keanggotannya terbuka bagi ekspatriat wanita dan pria  yang bermukim di Moskow dan secara terbatas bagi pemegang paspor Rusia. 

Fokus kegiatan utama IWC adalah Kelompok Minat (Interest groups, terdapat 80 kelompok minat), Kelompok Amal (the Charities group) dan Penggalangan dana (Fundraising).

Kegiatan Winter Bazaar merupakan kegiatan utama tahunan yang menyumbang 2/3 pendapatan amal IWC.

Selain untuk amal, Winter Bazar juga bertujuan sebagai wadah solidaritas dan silaturahmi ribuan warga asing dan warga Rusia melalui kegiatan “shopping from around the world” ini.

Pendapatan yang diperoleh IWC selanjutnya disumbangkan ke berbagai proyek amal yang dipantau oleh IWC. (Sumber: KBRI Moskow dan situs IWCM)

Pewarta : KBRI Moskow
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
  • 19 TKW/TKI Ilegal Digagalkan di Depan Mapolsek Srono

    Sedikitnya 19 orang calon TKW/TKI ilegal, Selasa (20/2/18) pukul 21.00 WIB, berhasil digagalkan dan diamankan tim Resmob Wilayah Selatan Polres Banyuwangi yang dibantu anggota Polsek Srono Aiptu Agus Robert dan Aiptu Salman. Para calon TKW/TKI gelap terse

  • Kapten Persebaya Sebut Pedro Striker Berkualitas

    Pelatih Persebaya Surabaya Angel Alfredo Vera tidak mau mengambil risiko akan terkurasnya stamina pemain saat tampil di turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur 2018. Apalagi, turnamen yang berlangsung mulai 23 Februari sampai 4 Maret itu memiliki jadwal

  • Tiga Pejabat Utama Polres Trenggalek Alih Tugas

    Gerbong mutasi pejabat utama Polres Trenggalek kembali bergerak. Sejumlah perwira menjalani alih tugas. Kompol Mukalam SH yang sebelumnya menjabat sebagai kabagops dimutasi ke Polres Tulungagung sebagai kapolsek Tulungagung Kota. Mukalam digantikan AKP H

  • Viral, Bocah Yatim Piatu Kurang Gizi Asal Ngantang Diasuh Kakek Nenek Renta

    Dua hari ini netizen dibuat sedih dengan postingan pemilik akun Facebook Arif Witanto di grup Info Malang Raya terkait bocah 4 tahun yang hidup tanpa kedua orang tua. Bocah malang berusia empat tahun itu tinggal bersama kakek dan neneknya yang sudah renta

  • Kartu KIS Dinonaktifkan Sepihak, BPJS dan Dinsos Datangi Warga Miskin Tulungagung, Ini Hasilnya

    BPJS Kesehatan Tulungagung turun tangan menanggapi pemberitaan tentang “non-aktif”-nya kepesertaan jaminan kesehatan milik Sulistriani, warga Dusun Kalituri RT 01 RW 02, Desa Waung, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Hasilnya, BPJS Kesehatan T

  • Selain Ametung dan Ken Arok, Ken Dedes Hampir Menikah dengan Lelaki Asal Dinoyo Ini

    Siapa yang tidak kenal dengan Ken Dedes. Seorang wanita utama atau ardanareswari yang menurunkan trah raja-raja besar di Nusantara. Yakni Singosari, Majapahit hingga Mataram. Tapi, tahukah kita bahwa dalam perjalanannya menjadi seorang perempuan yang m

  • Gandeng Arema, Pendaftar Polinema Meroket

    PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (AABBI) kembali melakukan penandatanganan Mou dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema), Selasa 20 Februari 2018. Kerja sama dilanjutkan karena banyak hasil positif yang didapat. Salah satunya adalah penin

  • Takut Diancam Bunuh, Seorang Ibu Biarkan Putrinya Jadi Pelampiasan Nafsu Suami

    Seorang ayah di Surabaya tega mencabuli anak tirinya. Bila tak mau melayani permintaan sang ayah, korban diancam bunuh. Pencabulan itu telah dilakukan selama tiga tahun ini.

  • Penyanyi Dewi Gita Kepincut Busana dari Malang

    Industri mode di Kota Malang terus berkembang. Bukan hanya produsen fashion muslimah yang perlu diperhitungkan. Fashion designer asal Bhumi Arema juga tidak berhenti berkreasi.

  • Edan, Tawarkan Seks Bertiga dari Bandung, Dua Anaknya Ikut Diajak

    Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Surabaya membongkar praktik nyeleneh dalam berhubungan seksual. Yakni seorang perempuan harus melayani dua orang pria atau biasa disebut three some.

  • Gagal Bertemu Bali United, Ini Curhatan Pelatih dan GM Arema FC

    Arema FC dipastikan gagal bertemu Bali United dalam penyisihan grup A Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018. Itu karena Bali United memilih mundur dari turnamen tersebut. Sebagai gantinya, Singo Edan akan menghadapi PSIS Semarang yang menggantikan Serdadu Trid

  • Tiga Pemalsu KK Diciduk Resmob Polres Banyuwangi

    Tiga terduga pelaku pemalsuan kartu keluarga (KK) Senin (19/2/18) berhasil diringkus Resmob Unit Barat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Banyuwangi. Ketiganya diciduk aparat atas laporan Moh. Haerul Umam (26).

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top