Sungai Meluap, 4 Rumah Di Desa Selorejo Kritis

Kondisi bibir sungai yang berdekatan dengan rumah warga di Dusun Mlaten Desa Selorejo, Mojowarno, Jombang. (Foto: Muhammad Syafi
Kondisi bibir sungai yang berdekatan dengan rumah warga di Dusun Mlaten Desa Selorejo, Mojowarno, Jombang. (Foto: Muhammad Syafi'i/JombangTIMES)

JATIMTIMES, JOMBANG – Kali putih di Desa Selorejo meluap. Akibatnya, kawasan perkampungan warga yang berada di wilayah Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang itu tergenang air.

Banjir dengan ketinggian 50 - 100 centimeter melanda Dusun Mlaten, Dusun Mojodadi dan Dusun Selorejo, Desa Selorejo pada Selasa (29/11/2016) malam. "Habis shalat isya saya dikabari warga ada banjir, saya cek ternyata memang banjir," ungkap Ilyas, kepala Dusun Selorejo.

Ditemui di lokasi banjir, Ilyas menyebut wilayah yang terdampak banjir berpenduduk 600-an Kepala Keluarga (KK). "Kalau jumlah berdasarkan hitungan KK, ada 600 KK. Separuh lebih yang terkena banjir ini," sebutnya.

Di Dusun Mlaten Desa Selorejo, luapan kali putih yang melintasi Desa Selorejo dan sejumlah Desa di Kecamatan Mojowarno, menyebabkan bibir sungai mengalami abrasi. Derasnya air sungai menyebabkan abrasi dan mengancam sedikitnya 4 rumah warga.

"Kalau yang bahaya ada empat rumah. Pinggiran sungai yang longsor ini ya sekitar 5 meter," ujar Ngatiman (40), warga Dusun Mlaten, kepada JombangTIMES, Rabu (30/11/2016) pagi.

Pemilik salah satu rumah yang kritis tergerus sungai tersebut menuturkan, tergerusnya bantaran sungai disebelah rumahnya diketahui setelah banjir yang melanda perkampungannya surut. 

"Sekitar jam dua belas tadi malam banjir kan surut, saya lalu lihat ternyata ambles 2 meteran. Jadi dari yang ambles sampai sekarang 5 meter yang ambles," ungkap Ngatiman. 

Berdasarkan pantauan, jarak antara 4 rumah warga dengan bibir sungai sangat berdekatan. Bahkan, salah satu rumah warga memiliki jarak kurang dari 1 meter dari batas tanah stabil. 

Selebihnya, kondisi tanah sudah ambles akibat abrasi ke sungai. "Harapan kami, agar pemerintah memperhatikan kondisi kami," kata Ngatiman.

Banjir yang melanda tiga Dusun di Desa Selorejo Kecamatan Mojowarno, surut pada tengah malam. Hingga berita ini diunggah, tidak dilaporkan adanya barang-barang hanyut ataupun adanya korban jiwa. "Alhamdulillah, tidak ada. Kami juga tidak mengungsi karena banjirnya masih aman," kata Sholihin, warga Dusun Mlaten Desa Selorejo.

Sementara itu, bersamaan dengan banjir di Desa Selorejo, banjir juga melanda Desa Catak Gayam dan Dusun Tegalsari Desa Wringin Pitu Kecamatan Mojowarno. Berdasarkan pantauan, ketinggian air antara 30-50 cm dan hanya menggenangi area jalan pekarangan rumah warga.

Banjir juga melanda Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Ketinggian air antara 30 - 100 centimeter dan hingga tengah malam terdapat beberapa anak yang mengungsi ke Balai Desa. (*)

Pewarta : Muhammad Syafi'i
Editor : Heryanto
Publisher : Akhmad Prayogi
Sumber : Jombang TIMES
  • Rendra Kresna Berharap Petani Tidak Beralih Profesi

    Bupati Malang Rendra Kresna memiliki harapan besar terhadap petani agar tidak meninggalkan ladangnya dan berganti profesi. Harapan besar orang nomor satu di Kabupaten Malang itu disampaikan dalam penutupan Hari Krida Tani Ke-44 yang diselenggarakan di dep

  • Disuntik Penghargaan, Kelompok Tani Siap Kembangkan Inovasi Pertanian

    Berbagai penghargaan tingkat nasional dan provinsi Jawa Timur yang diperoleh Kelompok Tani (Poktan) melalui berbagai produksi pertanian, diganjar hadiah yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Malang.

  • Tindakan Korupsi, Merusak Mental Anak Bangsa

    Memperingati Hari Anti Korupsi Internasional yang jatuh 9 Desember ini. Pemerintah Kota Malang bersama Polres Malang Kota, Kejaksaan Negeri Malang Kodim, Perwosi Kota Malang dan pelajar melakukan Apel Gabungan Dalam Rangka Peringatan Hari Anti Korupsi Int

  • Bermodus Sandiwara, Kawanan Begal Mojowarno Diringkus Polisi

    Kawanan begal asal Mojowarno diringkus Jajaran Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Jombang pada Kamis (8/12/2016). Dio Albar Santoso (23) bersama 5 anggota komplotannya harus mendekam di sel tahanan setelah drama pembegalan yang mereka lakukan kepada S

  • Usung Berbagai Keunggulan, Petani Kabupaten Malang Diganjar Apresiasi Nasional

    Rentang tahun 2016 telah mengantarkan Kabupaten Malang sebagai daerah unggulan dalam bidang pertanian tingkat nasional dan provinsi.

  • Dukung Stabilitas Harga Bawang, Nota Kesepakatan Ditandatangani

    Tidak stabilnya harga bawang di pasaran dalam tahun ini, telah membuat pemerintah sedini mungkin meluncurkan berbagai kebijakan untuk meredamnya.

  • DPRD Minta Kawal Pembangunan Jalan Tembus Pasuruan-Batu

    Komisi D, bidang Pembangunan DPRD Jatim meminta kepada tiga kepala daerah yakni Bupati Pasuruan, Bupati Malang dan Wali Kota Batu supaya ikut mengawal rencana pembangunan jalan tembus Pasuruan-Batu sepanjang 33,91 kilometer yang akan dimulai pada triwulan

  • LazisNU Jombang Galang Donasi untuk Korban Gempa Aceh

    Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LazisNU) cabang Kabupaten Jombang galang bantuan untuk korban gempa Aceh yang terjadi Rabu (7/12/2016) lalu pukul 05.03 WIB.

  • Wanita Cantik Terjerat Jaring Korupsi, Siapa Saja Mereka?

    Politik dan wanita cantik seolah sulit dipisahkan. Tidak sedikit wanita dengan paras menawan dari jagad selebritas terjerat jaring korupsi. Siapa saja mereka? Simak ulasan MALANGTIMES berikut ini.

  • Gambar Kakek Nenek Ini Menjelaskan Arti Cinta Sejati

    Mampu bertahan dan menjalani kehidupan kehidupan di usia senja adalah impian semua pasangan. Apakah itu namanya cinta sejati? Melewati suka dan duka bersama sejumlah foto kakek-nenek yang dirangkum MALANGTIMES ini akan menjelaskan apa itu cinta sejati.

  • LSM Tuding Perhutani Blitar Lakukan Pungli

    LSM Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK) Blitar menuding banyak instansi pemerintah di wilayah Kabupaten Blitar yang melakukan pungutan liar (pungli). Salah satunya di lingkup Perhutani KPH Blitar.

  • Dicari Menantu, Ditemukan Tak Bernyawa di Samping Kolam

    Seorang kakek ditemukan tak bernyawa dalam keadaan terbaring di samping kolam di Kelurahan Wlingi, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Kamis (8/12/2016).

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top