DPRD Rekomendasi Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar Naik Rp 8,5 miliar

 Ilustrasi.(Foto : TobaSatu)
Ilustrasi.(Foto : TobaSatu)

JATIMTIMES, BLITAR – Setelah melalui pembahasan melalui rapat khusus dan rapat kerja di Bandan Anggaran (Bangar) DPRD Kabupaten Blitar, akhirnya DPRD menyetujui adanya penambahan pendapatan daerah untuk Pemkab Blitar.

Ini disampaikan Juru Bicara Banggar DPRD Kabupaten Blitar, Mujib dalam Rapat Paripuna Penyampaian Laporan Bandan Anggaran Terhadap Pembahasan Rancangan APBD Kabupaten Blitar tahun 2017 di Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (30/11/2016).  

“Banggar menyetujui adanya penambahan pendapatan daerah sebesar Rp 8,5 miliar. Penambahan pendapatan ini berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Blitar,” kata Mujib.

Mujib menjelaskan, dari PAD Kabupaten Blitar yang sebelumnya Rp 2,185 miliar naik menjadi Rp 2,194 miliar atau naik 0,39 persen.

“Peningkatan Pendapatan Daerah dari PAD ini  digunakan untuk mengakomodasi  usulan prioritas SKPD,” ungkapnya saat sidang paripurna.

Selain penambah pendapatan daerah, Banggar DPRD Kabupaten Blitar juga menyetujui penambahan defisit anggaran sebesar Rp 8,3 miliar.

Bila sebelumnya difisit anggaran diprediksi sebesar Rp 125 miliar menjadi Rp 132,3 miliar atau naik 6,64 persen.

Kekurangan difisit ini akan ditutupi dengan sisa lebih penghitungan tahun sebelumnya (Silpa) tahun 2016.

“Pemkab Blitar dapat mengelola keuangan dengan baik, untuk itu, banggar meminta Pemerintah Kabupaten Blitar juga membuat perencanaan pengelolaan uang yang baik,” ungkap politisi Partai Gerindra ini.

Sementara itu, Bupati Blitar, Rijanto mengatakan pihaknya sudah mendengarkan dan mencatat saran-saran yang diberikan oleh DPRD terkait Rancanagan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2017.  

“Catatan yang diberikan DPRD sejalan dengan visi misi program saya selama lima tahun. Untuk mewujudkan visi misi ini yang sesuai dengan RAPBD 2017 ini, kami akan segera menata susunan organisasi dan personil untuk kegiatan kegiatan yang akan dilakukan di Satuan Kerja Perangkat Daerah,” kata Bupati. (*)

 

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top