Penyebaran HIV-AIDS Tak Pandang Umur dan Profesi

Muhammad Fuad, Pengurus JCC (Jombang Care Center) bagian KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi). (Foto: Syamsul Arifin/JombangTIMES)
Muhammad Fuad, Pengurus JCC (Jombang Care Center) bagian KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi). (Foto: Syamsul Arifin/JombangTIMES)

JATIMTIMES, JOMBANG – HIV-AIDS menyerang berbagai kalangan usia dan sejumlah profesi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Hal ini sesuai data ODHA (Orang dengan HIV-AIDS) yang ditangani JCC (Jombang Care Center), sebuah organisasi penanggulangan dan peduli HIV/AIDS di Jombang. 

"ODHA di Jombang beragam, dari sisi profesinya, ada yang dokter, guru, TNI juga ada dan ibu rumah tangga juga ada, sementara dari sisi usia, mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa," kata Muhammad Fuad, Pengurus JCC bagian KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi), Kamis (1/12/2016).

Hal itu ditemui hingga akhir tahun 2016 ini. Sementara penyebaran virus HIV-AIDS di Kota Santri itu diketahui sudah merata, terhitung 21 dari semua kecamatan terdapat penderita virus HIV-AIDS/ODHA. 

"Kabupaten Jombang dalam 21 kecamatan itu semua ada ODHAnya," imbuh pria yang juga menjadi penyiar radio suara warga Jombang itu. 

Namun demikian, seperti yang diberitakan JombangTimes.com sebelumnya, keberadaan ODHA bukan sesuatu yang harus ditakuti apalagi didiskriminasi oleh kalangan masyarakat yang lain, meskipun selama ini tak sedikit masyarakat yang masih mempunyai anggapan negatif terhadap ODHA. 

Secara kemanusiaan, mereka membutuhkan pendampingan dan edukasi dari berbagai pihak untuk membuang virus mematikan itu. 

Dijelaskan, ada tiga pemicu utama penularan virus HIV-AIDS yang memang bisa bergerak cepat, diantaranya cairan klamin, darah dan Asi. "Jika tidak berintraksi diantara yang tiga itu, no, tidak akan menular," jelasnya. 

Meski keringat dan ludah ODHA yang menyebar, lanjut dia, juga akan menjadi penyebab proses menularnya virus HIV-AIDS. "Namun tidak cukup untuk bisa menular begitu saja, kecuali secara kuantitas lebih dari banyak, misalkan satu galon, tapi kan tidak mungkin," pungkasnya. (*)

Pewarta : Ahmad Syamsul Arifin
Editor : Heryanto
Publisher : Abdul Hanan
Sumber : Jombang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top