Bupati Minta Masyarakat Ikut Bantu Awasi Keuangan Desa

 Bupati Lumajang H. As
Bupati Lumajang H. As'at Malik M.Ag

JATIMTIMES, LUMAJANG – Bupati Lumajang  Drs. H. As’at Malik, M.Ag meminta kepada masyarakat untuk aktif memantau pengelolaan keuangan desa.

Jika memang ada yang tidak beres, masyarakat diharapkan segera memberikan saran dan jangan menunggu sampai masalahnya sampai ke ranah hukum.

Hal ini disampaikan bupati ketika mengadakan Tilik Desa di Ranu Bedali Kecamatan Ranuyoso, Rabu (30/11) kemarin. 

Sementara para kepala desa di Lumajang diinstruksikan untuk bersikap transparan soal keuangan desa. Kades dituntut untuk menyampaikan keterbukaannya kepada warganya terkait laporan keuangan desa.

Transparasi yang bisa dilakukan, misalnya dengan memasang papan informasi terkait laporan keuangan sepanjang tahun di depan balai desa, sehingga diketahui oleh seluruh warga. 

“Agar diketahui banyak orang, itulah perubahan yang kami lakukan,” kata bupati pada sejumlah wartawan.

Laporan keuangan yang dimaksud, mulai soal APBDes (Anggaran Pendapatan  Belanja Desa), Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), dan sumber dana untuk desa lainnya. Bupati berharap dengan laporan yang transparan tersebut, dana bisa terpakai dengan  benar dan tepat sasaran.

“Harapannya dana yang diturunkan itu tepat sasaran,” jelasnya.

Bupati menegaskan, pihak desa juga tak bisa bekerja sendiri dalam mengelola dana tersebut. Sehingga perlu adanya sinergi diantaranya bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan anggota DPRD yang berasal dari dapil setempat.

“Jadi kita harus bersama-sama bersinergi, sehingga ada keterbukaan mengenai dana desa,” ucapnya.

Bupati juga menekankan kerjasama yang baik antara kepala desa dengan perangkat desa, karena kepala desa tidak mungkin bisa bekerja sendirian.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Lumajang TIMES
  • Rendra Kresna Berharap Petani Tidak Beralih Profesi

    Bupati Malang Rendra Kresna memiliki harapan besar terhadap petani agar tidak meninggalkan ladangnya dan berganti profesi. Harapan besar orang nomor satu di Kabupaten Malang itu disampaikan dalam penutupan Hari Krida Tani Ke-44 yang diselenggarakan di dep

  • Disuntik Penghargaan, Kelompok Tani Siap Kembangkan Inovasi Pertanian

    Berbagai penghargaan tingkat nasional dan provinsi Jawa Timur yang diperoleh Kelompok Tani (Poktan) melalui berbagai produksi pertanian, diganjar hadiah yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Malang.

  • Tindakan Korupsi, Merusak Mental Anak Bangsa

    Memperingati Hari Anti Korupsi Internasional yang jatuh 9 Desember ini. Pemerintah Kota Malang bersama Polres Malang Kota, Kejaksaan Negeri Malang Kodim, Perwosi Kota Malang dan pelajar melakukan Apel Gabungan Dalam Rangka Peringatan Hari Anti Korupsi Int

  • Bermodus Sandiwara, Kawanan Begal Mojowarno Diringkus Polisi

    Kawanan begal asal Mojowarno diringkus Jajaran Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Jombang pada Kamis (8/12/2016). Dio Albar Santoso (23) bersama 5 anggota komplotannya harus mendekam di sel tahanan setelah drama pembegalan yang mereka lakukan kepada S

  • Usung Berbagai Keunggulan, Petani Kabupaten Malang Diganjar Apresiasi Nasional

    Rentang tahun 2016 telah mengantarkan Kabupaten Malang sebagai daerah unggulan dalam bidang pertanian tingkat nasional dan provinsi.

  • Dukung Stabilitas Harga Bawang, Nota Kesepakatan Ditandatangani

    Tidak stabilnya harga bawang di pasaran dalam tahun ini, telah membuat pemerintah sedini mungkin meluncurkan berbagai kebijakan untuk meredamnya.

  • DPRD Minta Kawal Pembangunan Jalan Tembus Pasuruan-Batu

    Komisi D, bidang Pembangunan DPRD Jatim meminta kepada tiga kepala daerah yakni Bupati Pasuruan, Bupati Malang dan Wali Kota Batu supaya ikut mengawal rencana pembangunan jalan tembus Pasuruan-Batu sepanjang 33,91 kilometer yang akan dimulai pada triwulan

  • LazisNU Jombang Galang Donasi untuk Korban Gempa Aceh

    Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LazisNU) cabang Kabupaten Jombang galang bantuan untuk korban gempa Aceh yang terjadi Rabu (7/12/2016) lalu pukul 05.03 WIB.

  • Wanita Cantik Terjerat Jaring Korupsi, Siapa Saja Mereka?

    Politik dan wanita cantik seolah sulit dipisahkan. Tidak sedikit wanita dengan paras menawan dari jagad selebritas terjerat jaring korupsi. Siapa saja mereka? Simak ulasan MALANGTIMES berikut ini.

  • Gambar Kakek Nenek Ini Menjelaskan Arti Cinta Sejati

    Mampu bertahan dan menjalani kehidupan kehidupan di usia senja adalah impian semua pasangan. Apakah itu namanya cinta sejati? Melewati suka dan duka bersama sejumlah foto kakek-nenek yang dirangkum MALANGTIMES ini akan menjelaskan apa itu cinta sejati.

  • LSM Tuding Perhutani Blitar Lakukan Pungli

    LSM Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK) Blitar menuding banyak instansi pemerintah di wilayah Kabupaten Blitar yang melakukan pungutan liar (pungli). Salah satunya di lingkup Perhutani KPH Blitar.

  • Dicari Menantu, Ditemukan Tak Bernyawa di Samping Kolam

    Seorang kakek ditemukan tak bernyawa dalam keadaan terbaring di samping kolam di Kelurahan Wlingi, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Kamis (8/12/2016).

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top