Bupati Minta Masyarakat Ikut Bantu Awasi Keuangan Desa

 Bupati Lumajang H. As
Bupati Lumajang H. As'at Malik M.Ag

JATIMTIMES, LUMAJANG – Bupati Lumajang  Drs. H. As’at Malik, M.Ag meminta kepada masyarakat untuk aktif memantau pengelolaan keuangan desa.

Jika memang ada yang tidak beres, masyarakat diharapkan segera memberikan saran dan jangan menunggu sampai masalahnya sampai ke ranah hukum.

Hal ini disampaikan bupati ketika mengadakan Tilik Desa di Ranu Bedali Kecamatan Ranuyoso, Rabu (30/11) kemarin. 

Sementara para kepala desa di Lumajang diinstruksikan untuk bersikap transparan soal keuangan desa. Kades dituntut untuk menyampaikan keterbukaannya kepada warganya terkait laporan keuangan desa.

Transparasi yang bisa dilakukan, misalnya dengan memasang papan informasi terkait laporan keuangan sepanjang tahun di depan balai desa, sehingga diketahui oleh seluruh warga. 

“Agar diketahui banyak orang, itulah perubahan yang kami lakukan,” kata bupati pada sejumlah wartawan.

Laporan keuangan yang dimaksud, mulai soal APBDes (Anggaran Pendapatan  Belanja Desa), Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), dan sumber dana untuk desa lainnya. Bupati berharap dengan laporan yang transparan tersebut, dana bisa terpakai dengan  benar dan tepat sasaran.

“Harapannya dana yang diturunkan itu tepat sasaran,” jelasnya.

Bupati menegaskan, pihak desa juga tak bisa bekerja sendiri dalam mengelola dana tersebut. Sehingga perlu adanya sinergi diantaranya bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan anggota DPRD yang berasal dari dapil setempat.

“Jadi kita harus bersama-sama bersinergi, sehingga ada keterbukaan mengenai dana desa,” ucapnya.

Bupati juga menekankan kerjasama yang baik antara kepala desa dengan perangkat desa, karena kepala desa tidak mungkin bisa bekerja sendirian.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Lumajang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top