Disbunhut Gelar Tanam Pohon di Lereng Gunung Arjuno

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, MA
Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, MA

JATIMTIMES, PASURUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan melalui Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) menggelar penghijauan di lereng Gunung Arjuno tepatnya di Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Kamis (1/12/2016).

Kegiatan ini untuk memperingati hari Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Bulan Menanam Nasional (BMN), dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) di Kabupaten Pasuruan tahun 2016. 

Selain itu, acara ini untuk menyukseskan gerakan Pasuruan Menanam dan Gerakan Menanam Satu Milyar Pohon. Dalam Acara ini, dihadiri oleh 500 peserta yang terdiri Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan, Anggota Forkompimda, DPRD, SKPD, Perusahaan Air dan Forum DAS Kabupaten Pasuruan.

Bibit yang ditanam sebanyak 115 batang sebagai simbolis dan 23.000 batang bibit yang ditanam di sekitar sumber mata air di Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, kabupaten setempat.

Dalam sambutanya Kepala Disbunhut Kabupaten Pasuruan Yetty Purwaningsih mengatakan, ada 11 jenis pohon yang ditanam yaitu Sengon, Gmelina, Jabon, Trembesi, Mahoni, Pete, Mangga, Nangka, Apokat, Sirsat, dan Durian.

"Ada 11 jenis pohon yang nantinya ditanam di sekitar mata air. Jenis pohon ini diharapkan mampu menyerap air dan menjaga lingkungan untuk mencegah bencana yang menjadi rutinan daerah Pasuruan," ujarnya.

Selanjutnya, Yetty mengungkapkan ada banyak kemungkinan yang dapat memacu timbulnya bencana. Maka dari itu upaya menanam pohon merupakan rentetan solusi untuk minimalisir bencana rutinan di Pasuruan.

"Kami berharap apa yang kita kerjakan hari ini memiliki dampak yang positif dan berpengaruh untuk meminimalisir bencana yang ada di daerah Pasuruan," tambahnya.

Di tempat yang sama Bupati Pasuruan  Irsyad Yusuf, MA juga mengatakan, ada sembilan bencana yang sudah ditetapkan BPBD Kabupaten Pasuruan. Bencana tersebut diakibatkan dari hilangnya tumbuhan penyerap air yang diakibatkan oleh faktor lingkungan dan manusia.

Potensi alam Kabupaten Pasuruan yang memiliki dua gunung yakni, Gunung Arjuno dan Bromo ini tidak hanya menjadi destinasi wisata, namun bisa menjadi pemicu timbulnya wisata. Apabila tidak dikelola dan dirawat dengan baik.

"Dua gunung ini perlu dijaga keseimbangan lingkunganya agar tidak menjadi bencana untuk wilayah Pasuruan," katanya dalam sambutan. Selain memanam pohon, diberikan juga beberapa penghargaan oleh Bupati Pasuruan kepada lembaga-lembaga penggiat lingkungan di Kabupaten Pasuruan.

Pewarta : M. Khoiron
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Pasuruan TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top