Desa Resap Ombo Akan Dijadikan Kampung Peduli Disabilitas

Romelan, Kepala Dinsos Kabupaten Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Romelan, Kepala Dinsos Kabupaten Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Berdasarkan data yang tercatat pada Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Blitar, jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Blitar ada 6774 orang.

Mereka tidak hanya membutuhkan perhatian pemerintah tetapi juga bantuan seluruh lapisan masyarakat,

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Romelan mengatakan, 6774 penderita disabilitas itu diantaranya 2.500 penderita cacat tubuh, 899 tuna netra, 1.345 penderita bisu tuli, dan 1.579 cacat mental.

Menurutnya data ini bisa bertambah, sebab banyak warga yang menyembunyikan anggotanya menderita disabilitas.

"Kendala pendataan penderita disabilitas ini, banyak anggota keluarga yang menututup-nutupi," kata Romelan kepada wartawan di sela peringatan hari Disabilitas Internasional (HDI) ke 92 di Pendapa Kabupaten Blitar, Kamis (1/12/2016)..

Menurutnya salah satu cara untuk membantu kaum disabilitas, Kedepan Dinas Sosial akan membentuk kampung peduli disabilitas  di Desa Resap Ombo, Kecamatan Doko.

“Dengan adanya kampung peduli disabilitas ini, nantinya akan ada pelatihan memberdayakan disabilitas untuk membuat kerajinan yang memperbanyak kearifan lokal,” ungkapnya.

Masih kata Romelan, diharapkan adanya kampung peduli disabilitas ini bisa membuat kaum disabilitas menjadi pribadi yang memiliki skill dan kualitas, sehingga bisa kembali ke masyarakat secara mandiri.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Bagian Humas Pemkot Malang
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top