Hujan Deras di Blitar, 4 Rumah Retak dan Pekarangan Ambles

Camat dan Kapolsek Selorejo meninjau lokasi tanah ambles.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Camat dan Kapolsek Selorejo meninjau lokasi tanah ambles.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITARGuyuran hujan deras di Dusun Sumberjo, Desa Olak Alen, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar, menyebabkan empat rumah miring dan retak. Halaman rumah-rumah itu juga ambles.

Bukan hanya itu. Satu pos kamling juga mengalami kemiringan dan sebuah pekarangan ambles.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya, warga yang rumahnya miring dan halamannya ambles tidak berani tinggal lagi dan memilih mengungsi ke tempat yang aman.

Kasubbag Humas Polres Blitar AKP Eny Mayasari mengatakan, peristiwa ini terjadi setelah hujan deras Rabu (30/11/2016) mulai pukul 16.00 WIB sampai Kamis (1/12/2016) pukul 02.00 WIB dini hari.

Yang kerusakannya paling parah adalah rumah milik Tukinun (46). Tembok dan lantainya retak-retak. Bangunan dapurnya miring. "Pemilik rumah tak berani tidur di rumah. Untuk sementara waktu memilih tidur di rumah saudaranya,” kata Eny.

Satu lagi bangunan rumah yang kerusakannya cukup parah adalah rumah Suyanto ( 52). Halaman rumahnya ambles sepanjang 10 meter serta bangunan kamar mandinya miring.

Sementara, jalan depan rumah milik Karnoto ambles sepanjang 25 meter. Sedangkan tembok dapur rumah lagi Samsuri (60) retak-retak.

"Dinding tembok retak-retak serta lantai retak. Fondasi rumah miring akibat pergeseran tanah, Korban jiwa tidak ada. Sementara pemilik rumah dan keluarganya di evakuasi ke rumah kerabatnya," ujar kasubbag humas.

Menurut Eny, Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya sudah melakukan koordinasi dengan camat, aparat desa, masyarakat, Koramil Selorejo, dan BPBD Kabupaten Blitar.

"Kapolres sudah mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan selalu waspada. Dikhawatirkan akan ada bencana susulan dan mengakibatkan korban manusia," ucap Eny. (*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Akhmad Prayogi
Sumber : Blitar TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top