Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

Inilah Sejarah Tentang Karaoke

Penulis : Dede Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Dec - 2016, 16:25

Placeholder
Warga Jepang sedang asyik berkaraoke (istimewa)

Menurut sejarah, bisnis karaoke berasal dari Negeri Matahari Terbit atau Jepang, tepatnya bermula dari sebuah kedai kopi di Kota Kobe sekitar tahun 1970-an.
Asal kata “karaoke” diambil dari kata Karappo yang  disingkat menjadi kara yang berarti kosong dan kata okesutura (orkestra) yang juga disingkat oke. 
Jadi gabungan dua kata tersebut bisa diartikan sebagai musik yang kosong atau bisa juga dianggap musik tanpa vokal.


Konon ceritanya karaoke ini semula dikarenakan absennya sang gitaris di sebuah Bar di Kobe (sekitar tahun 1971) saat akan diadakan pertunjukan. Untuk menyiasati ketidakhadiran gitaris tersebut, pemilik bar berinisiatif memutar musik tanpa vokal dari kaset untuk diiringi sang penyanyi.


Cerita lain , karaoke ini juga timbul dari tradisi atau kebiasaan dari masyarakat Jepang sendiri yang suka mengiringi seseorang yang bernyanyi dengan cara bertepuk tangan secara bersama-sama.


Selain hal tersebut, karaoke  merupakan trend dari Kansai. Sekedar diketahui segala sesuatu yang berhubungan dengan Kansai di masa lalu adalah sesuatu yang keren dan hebat.  Maka tak heran, karaoke menjadi trend di Jepang dan ujung-ujungnya menjadi populer juga di seluruh penjuru dunia.


Populernya karaoke di seluruh dunia juga dikarenakan adanya perubahan kebiasaan penikmat musik di masa itu. 
Jika dahulu penikmat musik hanya bisa menikmati lagu dengan mendengarkannya di radio dan menonton televisi, maka dengan karaoke, penikmat musik bisa terlibat aktif dengan lagu tersebut. 


Sementara itu, masyarakat Indonesia mulai mengenal bisnis karaoke keluarga sejak November 1992.
Diawali oleh sebuah perusahaan dengan nama 'Happy Puppy' yang  didirikan di Surabaya pada 14 November 1992.
Di Indonesia karaoke mulai menjadi tren sejak 1998 silam. Apalagi sejak 2005 bisnis karaoke mulai menjadi salah satu tempat hiburan alternatif orang-orang yang menginginkan hiburan sekaligus menyalurkan hobi bernyanyi mereka.

sumber : diolah dari berbagai sumber


Topik

Gaya Hidup Karaoke Hiburan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni