Kopi Jatim Semakin Dinikmati Negara Eropa

Ninik Sulistyaningsih (Foto: Adi S/ SurabayaTIMES)
Ninik Sulistyaningsih (Foto: Adi S/ SurabayaTIMES)

JATIMTIMES, SURABAYA –  Komisi B DPRD Jatim mendorong Pemprov Jawa Timur untuk menggenjot produksi kopi agar bisa menaikkan ekspor ke Eropa. Mengingat saat ini beberapa negara di Eropa sudah melirik kopi produksi dari Jatim.

"Saya mendapat informasi dari beberapa rekan saya dan dinas terkait bahwa kopi Jatim sangat digemari di negara Eropa. Saya mendorong agar produksi kopi di Jatim saat tahun 2017 harus meningkat," ungkap Anggota Komisi B DPRD Jatim, Ninik Sulistyaningsih, dikonfirmasi, Jumat (30/12/2016).

Ia menambahkan, ada dua jenis kopi yang banyak digemari masyarakat Eropa, yaitu Robusta dan Arabika. Meningkatnya peminat kopi ini menjadi kesempatan bagi Jatim untuk ekspor ke Eropa, karena beberapa waktu lalu ada misi perdagangan Jatim ke Jerman.

"Semua pada tahu kalau pintu masuk perdagangan ke Eropa sekarang ini melalui Jerman. Negara tersebut merupakan pintu masuk setelah mengalahkan Inggris dalam sektor perdagangan," ungkap politisi asal Partai Demokrat ini.

Terpisah, Kepala Dinas Perkebunan Jatim Samsul Arifin membenarkan informasi tersebut. Ia mengakui minat masyarakat Eropa terhadap produksi kopi asal Jatim itu lebih banyak jenis Robusta dan Arabika.

Menurut Samsul Arifin, dalam setiap ekspor, Jatim selalu mengirim kopi ke Eropa mencapai 40 ribu ton per tahun. "Harapannya, saat tahun 2017 nanti jumlah tersebut meningkat. Kalau meningkat tentunya APBD Jatim juga meningkat dari sektor perkebunan," pungkas Samsul. (*)

Pewarta : Adi Supra
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Surabaya TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top