Ini Dia Program Dishub Lumajang, yang Pasti Bikin Pelajar Senang

Angkutan kota gratis bagi pelajar selama satu tahun/istimewa (Foto: Moh Imron/ LumajangTIMES)
Angkutan kota gratis bagi pelajar selama satu tahun/istimewa (Foto: Moh Imron/ LumajangTIMES)

JATIMTIMES, LUMAJANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lumajang dikabarkan akan menggratiskan Angkutan Kota (angkot) semua jurusan bagi pelajar dan mahasiswa.

Program tersebut akan terealisasi mulai tanggal 30 Januari 2017. "Bagi pelajar dan mahasiswa bisa menggunakan program gratis pada waktu jam berangkat dan jam pulang," kata Kepala Dinas Perhubungan Lumajang, Rochani, S.Sos Rabu (11/01).

Sebelumnya program tersebut akan terealisasi pada pertengahan bulan Januari. Namun mundur karena terkendala menyiapkan dokumen, rapat koordinasi, serta masih akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

"Melakukan sosialisai seperti kepada para pelajar dan awak bus. Sosialisasi ini akan melibatkan juga dari pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan Jatim," katanya.

Dalam launching uji coba nantinya akan dilakukan oleh Bupati Lumajang Drs. H. As’at Malik, M.Ag. Launching akan dilakukan di Terminal Minak Koncar Wonorejo dengan ditandai pemberangkatan pelajar naik angkot gratis.

Dalam program ini, kata Rochani, Dishub akan bekerjasama dengan 40 armada angkot dengan memberikan subsidi bahan bakar Rp 50 ribu per angkot.

Dari rencana ini, Rochani menambahkan, sudah banyak respon positif dari berbagai kalangan. Pasalnya, ada banyak manfaat yang ditawarkan.

Diantaranya untuk kemudahan transportasi bagi pelajar. “Jadi kita juga menekan pelajar yang naik motor ketika berangkat dan pulang sekolah,” timpalnya.

Manfaat lainnya, yakni demi memperlancar arus lalu lintas di kawasan kota. Karena ketika bus sudah dialihakan ke Jalur Lintas Timur (JLT), di kawasan kota sudah tidak menumpuk kendaraan besar.

Rencana perubahan, untuk bus jurusan Jember via Kencong yang melintas perkotaan akan langsung dialihkan dari Terminal Wonorejo menuju ke JLT.

Pewarta : moh. imron
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top