Hammer Karya Siswa SMK Pemuda 3 Kesamben Rambah Pasar dan Toko Bangunan

Siswa SMK Pemuda 3 Kesamben praktik membuat hammer dan menunjukkan hammer yang sudah jadi (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)
Siswa SMK Pemuda 3 Kesamben praktik membuat hammer dan menunjukkan hammer yang sudah jadi (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Selain merupakan sekolah yang identik dengan pencetak lulusan yang handal di dunia kerja, SMK Pemuda 3 Kesamben juga memasarkan aneka produk kerajinan siswanya.

Salah satu produk yang banyak digunakan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat adalah palu atau hammer karya siswa kelas X teknik permesinan.

“Hammer ini wajib dibuat oleh setiap individu, untuk semester ini ada 35 siswa yang praktik membuat hammer. Biasanya satu siswa menyelesaikannya dalam waktu 1 bulan,” kata Subiantoro, Kaprodi Teknik Permesinan SMK Pemuda 3 Kesamben, Rabu (11/1/2017).

Dijelaskan dia, hammer karya siswa SMK Pemuda 3 Kesamben ini telah dijual di pasar tradisional dan toko bangunan yang tersebar di seluruh wilayah Blitar Raya. Harga 1 buah hammer berkisar Rp 20 ribu.

“Hammer yang dibuat kualitasnya sangat baik, terbukti penjualanya di pasaran sangat bagus, selain laris di pasaran, permintaan pasar dan toko bangunan juga cukup tinggi,” kata pria berkacamata ini.

Kepala SMK Pemuda 3 Kesamben, Hadi Siswanto menegaskan, praktik pembuatan hammer sekaligus memasarkan hasil karya siswa ini merupakan visi dan misi SMK Pemuda 3 Kesamben dalam meningkatkan kemampuan, keterampilan, kreatifitas dan kepercayaan diri siswa agar ketika lulus sudah terbiasa bekerja.

“Maka dari itu siswa khususnya Teknik Mesin terus ditempa melalui praktik di sekolah maupun praktek kerja industri. Sehingga dengan pengalaman kerja yang mencukupi, diharapkan lulusan siap untuk membuka lapangan usaha baru atau langsung diserap dunia industri,” tukasnya. (*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top