Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pemkot Blitar Akan Bangun Pembuangan Sampah pada Setiap Kelurahan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Feb - 2017, 10:43

Placeholder
Wali Kota Blitar, M.Samanhudi Anwar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Pemerintah Kota Blitar, Jawa Timur, akan membangun tempat pembuangan sampah terpadu pada setiap kelurahan di daerah itu.

Wali Kota Blitar, Muhammad Samanhudi Anwar mengatakan, tujuan dari program tersebut adalah untuk mempertahankan kebersihan dan keindahan kota. Namun sifatnya hanya sementara untuk menampung sampah sebelum diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA). 

"Sifatnya sementara agar sampah yang belum sempat diangkut ke TPA tidak berserakan dimana-mana," kata Samanhudi kepada wartawan, Senin (20/2/2017).

Ditegaskannya, hal tersebut selain bertujuan untuk menjaga kebersihan Kota Blitar, juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan. 

“Jika satu kelurahan satu tempat penampungan diharapkan bau yang menyengat akibat tumpukan sampah justru tidak akan terjadi. Karena volume sampah yang hanya sedikit membuat petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar lebih mudah untuk mengolahnya,” tukasnya.

Senada dengan wali kota, Kepala DLH Kota Blitar Pande Ketut Suryadi berharap dengan diterapkannya program tersebut masyarakat akan semakin peduli dengan kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan utamanya di sungai. 

“Untuk menyukseskan program tersebut kedepan juga akan dibentuk peraturan daerah  (Perda).  Dimana di dalamnya akan diberlakukan sanksi untuk masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat,” ungkap Pande. (*)


Topik

Peristiwa blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni