Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pecahkan Rekor MuRI, Warga Binaan Lapas Jember Meriahkan Ngaji Nusantara

Penulis : Moh. Ali Makrus - Editor : Lazuardi Firdaus

20 - Apr - 2017, 11:53

Placeholder
Warga binaan lapas kelas 2 A Jember saat mengikuti kegiatan Ngaji Nusantara yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

Acara Ngaji Nusantara yang digelar Lembaga Pemasyarakatan secara serentak di seluruh Indonesia, kamis (20/4/2017) bakal memecahkan rekor Muri dengan peserta ngaji terbanyak dengan 500 kali hatam Al Quran.

Untuk mewujudkan rekor tersebut, seluruh lapas seluruh Indonesia dilibatkan, tidak terkecuali di Jember, "Hataman Al Qur'an ini dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan, dan hari ini, Dirjen pemasyarakatan berniat memecahkan rekor Muri dengan Jumlah peserta 5000 da hatam 500 kali, untuk Jember sendiri diikuti 120 warga binaan dan hatam 4 kali," ujar Kasi Binadik Dadang kepada wartawan.

Ahmad Sudiyono warga binaan sekaligus takmir dari Masjid yang ada dilapas mengatakan, bahwa program hataman Al Quaran 30 juz yang digelar Menteri Hukum dan HAM ini sejalan dengan program Binadik di Lapas Jember, sebab selama ini di lapas Jember rutin dilakukan hataman 30 juz tiap hari Minggu.

"Alhamdulillah, kami berhasil menghatamkan Al Quran 4 kali 30 juz, kegiatan ini sebenarnya sudah menjadi agenda rutin kami tiap minggu, karena kami dengan Pak Dadang sudah biasa melakukan hataman tiap hari minggu, jadi disamping hataman juga bertujuan untuk mendekatkan diri dengan Alloh SWT," ujar Ahmad Sudiyono yang juga mantan kepala Dinas Pendidikan Jember.

Sementara Kabid Keamanan Kantor Wilayah Hukum Jawa Timur Ali Mukhtar yang berkesempatan hadir di Jember mengatakan, bahwa kegiatan semaan dan hataman Al Quran inu digelar secara serentak, dan untuk Jawa Timur sendiri 4400 lebih warga binaan yang ikut hataman.

"Jawa timur sendiri ada 38 lapas rutan yang mengikuti kegiatan ini, dengan jumlah warga binaan yang ikut ada empat ribu lebih, dan kehadiran saya disini untuk monitoring kegiatan ini, dan kegiatan inu sendiri dipusatkan di kantor Kementrian Hukum dan HAM di Jakarta," ujar pria asal Boyolali Jawatengah kepada Jatimtimes. (*)


Topik

Peristiwa Warga-Binaan-Lapas-Jember ngaji-nusantara



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Makrus

Editor

Lazuardi Firdaus