Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Basuki Rakhmad SH, M. Hum : APBD Kita Harus Berbasis Kinerja Untuk Rakyat

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : Heryanto

28 - Apr - 2017, 16:22

Placeholder
Basuki Rakhmad SH, M.Hum, C.L.A (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Salah seorang kandidat Bupati Lumajang Basuki Rakhmad SH, M.Hum, C.L.A menyayangkan jika sebuah pemerintahan daerah tidak berhasil menyerap dana APBD karena berbagai alasan, sementara disisi lain banyak kebutuhan masyatakat yang tidak terlayani.

Oleh karenanya, perencanaan menjadi kunci utama dalam menyusun program pro rakyat, sehingga seluruh anggaran yang tertuang dalam APBD benar-benar terserap untuk pemberdayaan masyarakat secara menyeluruh.

“Kita sering melihat adanya jalan rusak, namun perbaikannya terlambat. Sedangkan ada dana APBD yang tidak terserap secara penuh, ini kan tentu saja sangat disayangkan dan bertolak belakangan dengan kondisi yang ada di masyarakat,” kata Basuki Rakhmad.

Basuki Rakhmad kemudian menyebut, seluruh pihak yang terkait dengan perencanaan, baik dibidang infrastruktur, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, harus berada dalam satu perencanaan yang matang, sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan perencanaan anggaran yang tepat.

Disisi lain, pembangunan dibidang-bidang yang memiliki peran pengembangan, harus dilakukan secara penuh dan berkesinambungan, sehingga memberikan dampak yang positiv bagi pengembangan potensi suatu daerah.

“Pariwisata misalnya, jangan setengah hati. Dibuat bagus sekalian, anggarkan promosinya. Bikin eventnya untuk menaraik wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung ke Lumajang. Kalau setengah hati, hasilnya tidak akan Nampak dengan baik,” jelasnya kemudian.

Basuki Rakhmad kemudian mencontohkan Banyuwangi yang cukup berhasil dalam pembangunan pariwisata, ekonomi dan investasi bagi kota itu.

“Ini layak ditiru dan nggak usah sungkan untuk belajar kesana,dari pada harus studi banding jauh-jauh yang menghabiskan anggaran,” tegas Basuki Rakhmad.


Topik

Peristiwa kandidat-Bupati-Lumajang Basuki-Rakhmad



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

Heryanto