Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ajaib, Air Keluar dari Batu Tebing di Pantai Sine

Penulis : Anang Basso - Editor : Lazuardi Firdaus

26 - May - 2017, 12:15

Placeholder
Agung Wibowo menunjukkan sumber air ajaib di batu tebing Pantai Sine. / Foto : Tulungagung TIMES

Penemuan sumber air ajaib sepekan ini menghebohkan warga sekitar Pantai Sine, Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung. 
Air yang keluar dari lubang batu tebing di ujung cemoro sewu itu sebelumnya tidak pernah ada. Namun, tiba-tiba saat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Sine melakukan penjagaan keamanan di tretes, air tampak keluar. 

"Saat itu saya jaga di sekitar tretes,. Tiba-tiba air keluar begitu saja. Padahal sejak bayi saya biasa di tempat itu, tidak pernah keluar air," ungkap Agung Wibowo, salah satu anggota Pokdarwis Pantai Sine, Jumat(26/05)

Senada dengan Agung, Ketua Pokdarwis Pantai Sine Piyan (46) membenarkan bahwa penemuan sumber air itu mengejutkan. Air yang bening dan tawar itu bisa diminum langsung tanpa harus direbus. "Bahkan, warga sekitar sudah mencoba meminum. Tanpa direbus. Tidak mengakibatkan batuk atau pilek," imbuhnya. 

Piyan dan warga sepakat memberi nama Tirto Panguripan untuk sumber itu. Menurut dia, nama itu diambil dari falsafah.  "Ini kan kemarau. Musim hujan saja air tak keluar. Lha pas kemarau malah keluar. Semoga ini awet sehingga menjadi panguripan (penghidupan) bagi warga sini dan siapa pun yang membutuhkan," katanya. 

Tirto Panguripan berada di jalur mistis. Pasalnya, di barat sumber terdapat danyangan (punden) yang dipercaya mempunyai sejarah berdirinya kampung nelayan Sine. Sementara, di timur sumber merupakan Grojakan Tretes, tempat pemandian. 

Kisah mistis pasca-ditemukannya sumber itu terjadi. Di antaranya wisatawan tiba-tiba melihat ada api dan ada sosok orang tua pakai tongkat dan orang tua jangkung menghadap ke perapian. Namun setelah didekati, kedua sosok itu menghilang dan apinya lenyap. 
Selain itu, air dari sumber dipercaya berkhasiat untuk mengobati segala macam penyakit. Bu Painem (50), warga sekitar, meminum air air dan komplikasi asam uratnya sembuh.
"Bertahun-tahun dia sakit. Untuk jalan juga pakai tongkat. Segala pengobatan sudah diusahakan tapi tidak sembuh. Nah, setelah minum air sumber ini, tiba-tiba saja sakitnya serasa hilang. Bahkan, sekarang dia jalan tanpa tongkat," ungkap Piyan. 

Piyan dan Pokdarwis Pantai Sine berharap penemuan Sumber Tirto Panguripan tidak dikaitkan dengan sesuatu yang berbau syirik. Jika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan keajaiban, itu semata dari Sang Khaliq.

" Di sini ada tata tertib mengambil air. Di antaranya jangan mengucap kata kotor dan bagi perempuan yang menstruasi tidak perlu mendekat dan cukup diambilkan air," ucapnya. (*) 

 


Topik

Peristiwa sumber-air-ajaib Pantai-Sine tulungagung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Lazuardi Firdaus