5 Manfaat Fantastis Berpuasa Ramadan

Ilustrasi Manfaat Puasa
Ilustrasi Manfaat Puasa

JATIMTIMES, MALANGRamadan telah datang. Selayaknya sebagai umat Islam, kita sambut bulan suci ini dengan penuh sukacita. Apalagi, banyak manfaat yang didapatkan dengan menjalankan ibadah puasa.

Inilah paling tidak lima manfaat puasa Ramadan.  Dengan mengetahui lima manfaat puasa Ramadan ini, semoga lebih semangat berpuasanya.

1. Puasa meningkatkan kecerdasan otak

Pasti banyak yang penasaran nih kok bisa puasa justru bisa meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini sudah dibuktikan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat bahwa fokus mental meningkat selama Ramadan sehingga tingkat faktor neurotropik dalam otak akan menyebabkan tubuh menghasilkan sel-sel otak lebih banyak sehingga meningkatkan fungsi otak. Selain itu, tingkat stres sangat berkurang baik selama maupun setelah Ramadan.

2. Puasa memperbaiki sistem pencernaan

Seperti yang sudah kita ketahui, selama berpuasa organ-organ pencernaan beristirahat. Fungsi fisiologis normal terus berjalan, terutama produksi sekresi pencernaan, tetapi berkurang dari biasanya. Hal ini membantu untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Pengolahan makanan juga stabil. Demikian juga pelepasan energi yang terjadi secara bertahap. Namun bagi yang bermasalah dengan lambung, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter dalam menjalankan puasanya.

3. Diet cepat dan sehat

Kabar baik bagi yang lagi berdiet nih. Sering diet ekstrem yang kalian lakukan malah membuat berat badan jadi naik turun tak terkendali atau lebih kita kenal sebagai yo-yo effect. Hal ini tidak terjadi dengan berpuasa. Penurunan makanan yang dikonsumsi selama puasa menyebabkan perut kalian menyusut secara bertahap karena kalian harus makan lebih sedikit untuk merasa kenyang. Jika kalian ingin memulai pola makan sehat, saat inilah waktu yang tepat karena nafsu makan lebih rendah dari sebelumnya dan kalian tidak akan makan secara berlebihan.

4. Detoksifikasi

Selain untuk detok secara rohani, puasa juga bertindak sebagai detoksifikasi yang fantastis bagi tubuh. Dengan tidak makan maupun minum sepanjang hari, tubuh kalian akan mendapatkan kesempatan langka untuk didetoksifikasi sistem pencernaannya selama sebulan penuh. Makanan dalam tubuh kalian mengubah cadangan lemak menjadi energi sekaligus membakar racun berbahaya yang mungkin ada dalam timbunan lemak tersebut. Ini merupakan batu loncatan yang sempurna untuk gaya hidup sehat secara konsisten setelah Ramadan.

5. Puasa menurunkan kolesterol

Kita semua tahu bahwa penurunan berat badan adalah salah satu hasil signifikan dari puasa Ramadan. Selain tentunya perubahan yang sehat di balik itu. Tim ahli jantung di Uni Emirat Arab menemukan bahwa orang yang menjalankan puasa Ramadan menikmati efek positif pada profil lipidnya, yang berarti ada pengurangan kolesterol dalam darah yang tentunya sangat mengurangi risiko menderita penyakit jantung, serangan jantung, ataupun stroke.

Nah semakin semangat kan untuk menjalankan ibadah ini, guys? Dijamin sehat lahir batin deh. Selamat berpuasa!(*)

Pewarta : Ira Pudjosakti
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top