Mengenal Pudak, Kudapan Khas Gresik

Makanan Lawas nan Nikmat, Mampu Bersaing dengan Jajanan Modern

Pudak, kudapan asli Gresik yang juga bisa dibuat oleh-oleh. (foto : istimewa)
Pudak, kudapan asli Gresik yang juga bisa dibuat oleh-oleh. (foto : istimewa)

JATIMTIMES, GRESIKSiapa pun mungkin tahu Gresik, sebuah kabupaten di Jawa Timur sebelah utara Surabaya.

Berbagai julukan pun disematkan ke kota ini. Mulai Kota Berhias Iman hingga Kota Santri karena memang banyak pondok pesantren di Gresik. Ada lagi satu julukan kota ini yang diambil karena kuliner atau makanan khas yang populer. Yakni Kota Pudak.

Pudak adalah nama makanan atau jajanan khas Gresik. Pudak terbuat dari tepung beras, gula, sagu dan dibungkus dengan daun aren. Lebih dulu daun aren dikeringkan. Bentuknya sekilas seperti daun jagung namun lebih solid dan unik.

Makanan ini pun bervariasi warnanya. Ada yang warna putih dengan rasa pandan, ada yang berwarna merah agak kecokelatan untuk rasa manis. 

Pada perkembangannya, ragam pudak tidak terbatas tiga rasa macam saja seperti sebelumnya, yakni pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula Jawa). dan pudak sagu. Pembuat kue pudak berkreasi untuk merebut pasar. Jadi, ragam dan rasa pudak pun bertambah. Di antaranya pudak pandan yang berwarna hijau dan harum karena campuran sari daun pandan.

Di samping rasa yang khas, bentuk kemasan pudak unik di antara jajanan mana pun. Dengan bahan yang sudah mulai langka, pembuatannya pun tidak sederhana. 

Setelah daun aren dibersihkan dan dipotong-potong sesuai ukuran, kemudian dilipat dan dijahit dengan alur seperti huruf L tanpa sudut sehingga sisi dan dasarnya tertutup dan membentuk ruang seperti gelas. Setelah adonan dituangkan, ujung kemasan yang terbuka dikuncupkan dan diikat. Baru dikukus.

Penasaran rasanya kan? Nah, daripada Anda masih penasaran dengan makanan ini, lebih baik Anda langsung sdatang ke Kota Pudak Gresik.

Di Pasar Gresik maupun di sepanjang ruas depan Pabrik Semen Gresik di sekitaran Jalan Veteran, banyak orang berjualan pudak. Harganya cukup terjangkau, tidak sebanding dengan rasanya yang manis dan nikmat.Pudak juga bisa menjadi menu pembuka puasa.

Meskipun sekarang era modern, jangan anggap pudak ini makanan kuno. Makanan ini mampu bersaing dengan makanan-makanan modern lainnya .

Nah, bagi Anda yang mau berkunjung ke Gresik atau sekadar melewati kota ini, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati nikmatnya pudak atau untuk oleh-oleh. (*)

Pewarta : Arga Dahana D.
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Angga .
Sumber : Gresik TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top