Mengenal Lebih Dekat 5 Desa Wisata Prioritas Kabupaten Malang (8)

Sihir Pantai Pasir Panjang Ngliyep Hipnotis Wisatawan Sejak 1951

Keindahan pantai pasir panjang Ngliyep Donomulyo akan menyihir siapapun yang melihat berbagai macam keindahannya sejak dibuka tahun 1951 (Foto : Nana/MalangTIMES)
Keindahan pantai pasir panjang Ngliyep Donomulyo akan menyihir siapapun yang melihat berbagai macam keindahannya sejak dibuka tahun 1951 (Foto : Nana/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Destinasi Wisata pantai masih menjadi primadona bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang.

Hal ini tercatat dalam data kunjungan wisatawan di tahun 2016 di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, dimana dari total 5,8 juta wisatawan, 3,6 juta wisatawan masih memprioritaskan kunjungannya ke wilayah pantai. 

Pantai Pasir Panjang Ngliyep adalah salah satu destinasi wisata pantai yang menyumbang jumlah kunjungan tersebut selain beberapa pantai di wilayah Malang Selatan.

Terletak di tepi Samudera Hindia, pantai pasir panjang Ngliyep yang dibuka secara resmi tahun 1951, tepatnya di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, telah menyihir para pengunjung dengan hamparan pasir nan lembut sepanjang 700 m ini.

Panoramanya tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Bahkan, deburan atau alunan gelombang pantai Ngliyep ini mampu memberikan sensasi ketenangan di dalam hati. Mata yang dimanjakan dengan keaslian dan keasrian pantai serta jiwa yang dialun oleh keheningan alam pesisir mampu membuat siapapun tersihir.

Inilah yang membuat pantai dengan luas areal kurang lebih 10 Ha yang terdiri dari hutan lindung, areal wisata, penginapan, dan lahan parkir ini di sebut Ngliyep. Yang maksudnya  setiap orang yang melihat pantai ini akan merasa mengantuk dan tertidur (bahasa Jawa: liyep-liyep) karena dibuai jiwa dan raganya.

Keindahan  Ngliyep yang  memiliki ciri khas pantainya yang melengkungi lautan lepas sehingga dinamakan Pantai Pasir Panjang juga dikelilingi oleh tebing-tebing  curam dan hamparan hutan tropis di sekitarnya ini bahkan dikenal terlebih dahulu dibandingkan dengan pantai Balekambang dan Sendangbiru. 

"Di era tahun 1980-an, Pantai Ngliyep merupakan daerah tujuan wisata favorit di Jawa Timur. Sihirnya terlebih dahulu memukau pengunjung dalam dan luar daerah sebelum wisata pantai lainnya,"kata Made Arya Wedanthara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Kamis (22/06).

Keindahannya bukan saja ditampilkan lewat citra pantai semata, tetapi dilengkapi dengan adanya pulau kecil bernama Gunung Kombang.

Selain itu, tak jauh dari Ngliyep terdapat juga sebuah teluk dengan pemandangan yang tak kalah indah yaitu Teluk Putri. 

Disebut dengan Teluk Putri, kata Made Arya, karena teluk ini dilapisi pasir putih sangat bersih dan halus lembut sehalus kulit para putri. "Cocok bagi yang ingin lari dari kebisingan,"ujarnya.  

Hamparan pasirnya yang lembut menjadikan tempat ini nyaman digunakan untuk berjemur atau berolahraga seperti voli pantai dan sepak bola. Suasana kian ekslusif menjelang detik-detik terbenamnya matahari yang terlihat dibalik pulau-pulau kecil yang terdapat di sekitar pantai ini. 

"Dengan berbagai keindahannya tersebut, Ngliyep menjadi bagian dari lima desa wisata favorite dan prioritas kita di tahun 2017 ini,"pungkas Made Arya.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
  • Melihat Batik Khas Desa Tlogo Kabupaten Blitar, Keunikannya Diminati Warga Australia

    Batik merupakan budaya warisan nenek moyang Indonesia. Dan hampir setiap daerah di Indonesia punya batik yang berbeda-beda pola dan motif gambarnya.

  • Pilkada, Azan Pun Jadi Persoalan Bagi Bawaslu

    Ada yang menarik dari paparan yang disampaikan Bawaslu Provinsi Jawa Timur dalam sosialisasi Pengawasan Pemilu Bagi Ormas, LSM dan media. Komisioner Bawaslu, Aang Khunaifi memberikan contoh adanya calon yang melakukan azan dan ditayangkan di sebuah media.

  • Karena Foto, Panwaslu Tulungagung Putuskan Tiga ASN Bersalah, Kadis Tidak

    Tiga ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung dinyatakan bersalah oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulungagung.Tiga ASN yang terdiri dari dua Camat yaitu Camat Sumbergempol dan Camat Ngunut serta seorang Kepala Bidang (Kabid) di Di

  • Jalur On The Spot Pakusari, Masuk Penilaian OK BOS Dirlantas Polda Jatim

    Jalur tengkorak timur terminal Pakusari tepatnya di depan PTPN Kebun Kertosari Pakusari Jember jadi penilaian kegiatan “Open Karo Black On The Spot” (OK BOS) Daerah rawan kecelakaan lalu lintas (Blakcspot) dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim. Jalur di

  • Coba Gaya Foto OOTD Dengan Bantal

    Tidak bisa dipungkiri, gaya foto di media sosial Instagram jadi bukti eksistensi diri. Banyak cara eksis di media sosial. Salah satunya adalah mengunggah foto OOTD (Outfit of the Day) yang menarik. Buat kamu kawula muda, pasti dong tidak ingin tampil itu-

  • KPU Batu Mudahkan Pemilih Disabilitas

    Komisi Pemilihan Umum Kota Batu memberikan perhatian khusus kepada para disabilitas di Kota Batu untuk pelaksanaan coblosan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, pada Juni mendatang.

  • Suket Khusus Untuk Nyoblos Pilkada Dicetak Mulai 20 Mei

    Calon pemilih yang belum memiliki KTP elektronik tak perlu khawatir untuk menggunakan hak pilihnya. Karena untuk pilkada 2018, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerbi

  • Tingkatkan Mutu Pendidikan Pemkot Latih 1.343 Kepala PAUD

    Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Surabaya. Salah satunya dengan menggelar kegiatan workshop kemampuan kepada para guru pendidik PAUD (Pendidikan Anak Usia Di

  • Tekan Angka Kriminalitas, Sita Ratusan Botol Miras

    Sedikitnya, 13 krat miras berbagai ukuran dan merek diamankan petugas saat razia, Senin (23/4) malam kemarin. Selain itu petugas juga mengamankan 4 pemandu lagu yang sedang menemani pengunjung di salah satu tempat karaoke. Petugas juga mengamankan 4 unit

  • Pasangan Calon SAE Pilih Kampanye Senyap

    Pengerahan massa dalam jumlah banyak tidak selalu dilakukan pasangan calon kepala daerah. Seperti halnya yang dilakukan pasangan Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko (SAE).

  • Tanah Kavling Warga Dijual Oknum Pensiunan Lurah

    Pensiunan PNS Pemkot Probolinggo, diduga telah menjual tanah milik warga. Tanah kavling berukuran 5 X 22 meter yang berlokasi di Jalan Letjen Sutoyo Gang II, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, milik almarhum Ali Sumar orang tua Nur Eva Arimami (

  • Malaikat Maut Kembali Jemput Tiga Pemabuk Di Surabaya

    Korban terus berjatuhan akibat minuman keras (Miras). Sebelumnya tiga warga Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari tewas akibat menenggak miras. Terbaru, dua nyawa melayang diduga kuat karena miras oplosan.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top