Godir Khas Sambijajar, Jajanan Favorit Lebaran

Godir Khas Sambijajar banyak di sajikan di lebaran tahun ini (Foto : Joko Pramono/Tulungagung TIMES)
Godir Khas Sambijajar banyak di sajikan di lebaran tahun ini (Foto : Joko Pramono/Tulungagung TIMES)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Aneka jajanan selalu memenuhi ruang tamu saat lebaran. Setiap kita bertamu di hari lebaran, setiap rumah berlomba menyuguhkan jajanan untuk menjamu tiap tamu yang datang.

Seperti halnya di Desa Sambijajar, Kecamatan Sumbergempol.  Ada yang unik di desa ini, ada jajanan khas yang selalu tersaji saat hari raya idul fitri, yaitu godir. 

"Setiap idul fitri, rata-rata tiap rumah di desa Sambijajar menyajikan godir untuk disajikan kepada tamu yang datang," ujar Kasemi, salah satu warga yang rumahnya tersaji godir.

Godir sendiri merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang terbuat dari rumput laut. Proses pembuatanya cukup sederhana, rumput laut yang sudah dijemur hingga kering direbus hingga hancur lalu di tambahkan gula secukupnya. Setelah semua adonan tercampur sempurna, godir didiamkan hingga dingin dan mengeras.

"Buatnya cukup mudah, rumput laut direbus lalu ditambah gula dan didiamkan hingga dingin dan mengeras," imbuh nenek dengan 10 cucu tersebut.

Namun sekarang banyak warga yang tidak mau repot membuat godir sendiri. Warga lebih suka membeli godir jadi dengan harga 23 ribu per lengser.

"Sekarang tinggal beli jadi 23 ribu per lengser," pungkas Kasemi.

Sementara itu salah satu warga yang berkunjung di rumah Kasemi, Puji dan suaminya Hari selalu mencari godir saat berkunjung ke Rumah neneknya.

"Kalau kesini yang saya cari ya godir itu, soalnya khas Sambijajar,"kata Puji.

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
Sumber : Tulungagung TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top