Madumongso, Kue Khas yang Tak Pernah Absen di Momen Lebaran

Madumongso.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Madumongso.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITARLebaran bagi masyarakat Blitar, Jawa Timur, kurang lengkap rasanya bila belum menyuguhkan kue madumongso. Jajanan legit berwarna bertesktur kasar dengan butiran ketan hitam itu menjadi makanan khas saat Hari Raya Idul Fitri. 

Tidak ada catatan pasti sejak kapan madumongso menjadi kue Lebaran. Warga hanya tahu kue tersebut telah menjadi hidangan Lebaran secara turun-temurun. “Sudah turun-temurun. Saya membuatnya puluhan tahun,” kata Supinah, warga Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Nenek empat belas cucu ini selalu membuat madumongso setiap Lebaran. Karena disukai cucu dan saudara yang berkunjung rumahnya, Supinah membuatnya dalam jumlah besar.

Supinah membocorkan resep membuat madumongso yang lezat. Proses itu mulai memasak ketan hitam menjadi tape, paling tidak memerlukan waktu tiga hari. Lalu baru bisa dimasak dicampur dengan gula dan santan. “Setelah itu baru dibungkus menggunakan plastik atau kertas klobot yang warnanya berwarna-warni,” katanya.

 Membuat madumongso dengan rasa yang pas dibutuhkan ketepatan dalam menentukan komposisi bahan bakunya yang terdiri atas ketan hitam, gula merah, gula pasir, dan santan agar tidak eneg. “Cara mengaduk di atas penggorengan juga mempengaruhi lembut tidaknya madumongso,” jelasnya.

Dibutuhkan waktu hingga satu jam untuk membuat adonan madumongso benar-benar kering dan asat tanpa meninggalkan satu butir ketan yang keras. Untuk menentukan matang tidaknya  madumongso, dengan mencicipi sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk. Proses mengaduk ini tak boleh berhenti untuk menghindari lengket pada permukaan wajan.

Bila cara mengolahnya tepat, madumongso itu terasa legit dan tak terlalu berminyak. Makanan ini disajikan sebagai jajanan Lebaran di atas piring atau nampan.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top