Jadah, Kue Lebaran Gurih Legit Khas Blitar

Jadah khas Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Jadah khas Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Lebaran di Indonesia selalu diiringi dengan makanan atau masakan atau hidangan atau sajian yang khas. Salah satu kue yang masih sering disajikan saat lebaran ada jadah.

Jika Anda berlebaran di Blitar, Jawa Timur, makanan khas yang satu ini masih dapat anda jumpai hampir di setiap rumah warga.

Jadah adalah makanan tradisional berbahan beras ketan dan kelapa. Ketan yang sudah bercampur kelapa berbentuk kotak, dibakar di atas tungku arang pada umumnya, tetapi ada juga yang sudah menggunakan tungku modern. Ketan tersebut dibakar, hingga mengeluarkan bercak kecoklatan atau sedikit gosong.

Berbeda dengan jadah boyolali, jadah Blitar tidak dihidangkan dengan kelapa parut yang meyerupai serondeng.

BLITARTIMES sempat mencicipi jadah khas Blitar saat bersilaturahmi lebaran. Rasa ketan berpadu dengan kelapa ternyata menghasilkan rasa gurih yang pas.

“Ketannya dicuci lalu direndam selama tiga jam. Sleanjutnya dicampur kelapa dan garam sebelum dikukus dua jam lebih. Kalau bukan ahlinya sudah membuatnya, susah mencari tekstur dan campuran yang pas,” kata Haryati, warga Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. wanita paruh baya ini setiap lebaran selalu membuat jadah untuk suguhan bagi tamu dan kerabat yang datang kerumahnya.

Dengan tekstur legit yang tak terlalu keras dan tak terlalu lembek, jadah cocok dikonsumsi anak kecil maupun dewasa.

Tak hanya untuk jajanan lebaran, jadah juga cocok sebagai teman ngopi atau minum teh sambil ngobrol santai bersama teman dan keluarga.

Jadah juga dapat disajikan dengan varian lain, yaitu dengan digoreng atau dibakar. Setiap varian memiliki cita rasa tersendiri, jadah goreng misalnya memiliki kulit lebih keras namun kenyal di dalam.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
Sumber : Blitar TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top