Cara Instalasi Rom Android Menggunakan CWM/TWRP (Custom Recovery)

Ilustrasi TWRP (Team Win Recovery Project)
Ilustrasi TWRP (Team Win Recovery Project)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Banyak para pengguna smart phone yang menggunakan android. Tetapi, mereka bosan dengan tampilan smart phone yang hanya begitu-begitu saja.

Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa kebosanan yang melanda pengguna android. Bisa dengan menggunakan aplikasi, yaitu launcher, atau menambahkan aplikasi lain yang bisa diunduh di Playstore (toko aplikasi khusus android) agar membuat tampilan android Anda menjadi lebih menarik.

Di Playstore aplikasi non-berbayar, fitur yang ada kurang lengkap atau kurang memuaskan hati para pengguna android. Sedangkan aplikasi yang memiliki fitur-fitur lebih tidak dapat digunakan jika belum membeli lisensinya untuk membuka fitur-fitur tertentu tersebut. Untuk itu, kita harus membeli lisensi atau memberikan kontribusi kepada pembuat aplikasi tersebut. Dengan begitu, kita akan mendapat lisensi khusus atau aplikasi baru yang berbeda versi dengan yang non-berbayar untuk membuka fitur-fitur yang ada.

Namun, bagaimana jika kita tidak memiliki alat bertransaksi atau semacamnya untuk melakukan transaksi secara online? Biasanya ada juga yang tidak ingin repot-repot mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi hanya untuk kepuasan semata tanpa tujuan tertentu.

Selain menggunakan aplikasi, bisa juga dengan mengubah sistem operasi dari smart phone android atau yang biasa dikenal dengan Rom.

Sebelum proses instalasi, harap backup data-data yang ada pada smart phone android Anda. Dan juga terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yang terdapat pada langkah-langkah instalasi karena apabila terjadi kesalahan, dapat berakibat buruk bagi smart phone Anda. Bahkan smart phone Anda bisa sampai tidak dapat hidup kembali (brick) atau terhenti (stuck) pada bootscreen awal smart phone dihidupkan (bootloop).

Sebelum itu, smart phone android Anda wajib terinstall Custom Recovery. Custom recovery pada smart ahone Android ada bermacam-macam misalkan CWM (Clock Work Mod), TWRP (TeamWin Recovery Project), dan Philz Touch Recovery.

Untuk installasi Rom, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Unduh Rom yang sesuai dengan smart phone android Anda. Biasanya Rom tersebut berekstensi zip. Setelah proses unduh selesai, pindahkan ke kartuSD Anda. Matikan smart phone Anda, kemudian masuk ke CWM/TWRP (custom recovery) dengan cara menekan tombol power + volume up secara bersamaan atau bisa juga berbeda misal untuk Samsung dengan menekan tombol power + volume up + home secara bersamaan. Untuk smart phone android buatan Lenovo, biasanya setelah menekan tombol power + volume up akan muncul tiga pilihan, yaitu; a. recovery, b. fastboot, c. normal. Pilih recovery dengan menekan tombol volume up untuk mengarahkan kebawah dan kembali ke atas serta tombol volume down untuk oke/select.

2. Pada CWM/TWRP (custom recovery), lakukan langkah berikut: Wipe data/factory reset, wipe cache partition, dan wipe dalvik cache (ada di menu advance) untuk CWM dan di menu wipe di TWRP pilih yang advance wipe lalu centang dalvik cache, data, system, dan cache kemudian slide to wipe.

3. Pilih menu install zip from SdCard untuk CWM dan menu install untuk TWRP kemudian pilih file Rom.zip yang telah diunduh dan lakukan instalasi. Tunggu proses flashing rom hingga selesai kemudian pilih GO BACK dan pilih reboot system now. Tunggu proses booting sampai selesai. Waktu booting pertama kalinya sedikit memakan waktu kurang lebih 10-15 menit.

Mungkin cukup sekian info dari TULUNGAGUNGTIMES kali ini. Semoga membantu bagi pengguna smart phone android yang membutuhkan. (*)

Pewarta : Andi Mahifal
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Tulungagung TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top