Wisata Edukasi Dunia Ada Juga Lho di Kabupaten Malang

Monumen Pramuka Dunia di Desa Lebakharjo, Ampelgading, sebagai petanda desa ini memiliki jejak sejarah kepramukaan yang mendunia dan satu-satunya desa pramuka di Indonesia. (Istimewa)
Monumen Pramuka Dunia di Desa Lebakharjo, Ampelgading, sebagai petanda desa ini memiliki jejak sejarah kepramukaan yang mendunia dan satu-satunya desa pramuka di Indonesia. (Istimewa)

JATIMTIMES, MALANG – Mungkin bagi kebanyakan wisatawan yang berparadigma bahwa tempat wisata hanya sekadar berupa pantai dan gunung, kini saatnya memperkaya jelajahnya di ruang lain. Misalnya yang ada di Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Desa yang memiliki ketinggian rata-rata 5–50 meter di atas permukaan laut serta luas desa mencapai 802.164 ha yang dikelilingi banyak gunung dan bukit ini menawarkan wisata berbeda dibandingkan dengan yang biasanya dinikmati wisatawan.

Salah satu wisata yang paling terkenal di Desa Lebakharjo adalah tempat edukasi wisata perkemahan pramuka yang tidak saja dikenal di Indonesia, tetapi juga di mata dunia. Moncernya Lebakharjo sebagai desa pramuka dunia bukan sekadar tempelan  yang bersifat material atau bangunan khas kepramukaan saja, tetapi juga kultur masyarakatnya yang hidup dan terjaga sampai saat ini.

Keramahan yang tulus dibalut rasa persaudaraan melekat di tiap penduduk Lebakharjo. Siapa pun yang datang ke desa itu akan menemui keakraban warganya. Tanyakan mengenai kepramukaan, maka warga Lebakharjo akan menjawabnya dengan lancar dan benar.

"Semua warga di sini sangat hafal berbagai istilah pramuka, Mas. Yang namanya regu, barung, sangga, reka, ambalan, pasukan, ngelontok di luar kepala. Pokoknya, kepramukaan melekat erat dalam darah daging mereka," kata Wiyadi, kepala Desa Lebakharjo, beberapa waktu lalu.

Sebagai desa surganya pramuka, Lebakharjo memang memiliki jejak sejarah panjang dalam kepramukaan. Dimulai tahun 1978, Lebakharjo dijadikan tempat Perkemahan Wirakarya Pramuka Kawasan Asia-Pasifik  (Aspac) I dan dibuka secara langsung oleh Presiden Soeharto.

Setelah sukses menggelar acara yang melibatkan peserta se Asia-Pasifik, dari tanggal 17 Juni sampai 7 Juli 1989, digelar lagi Perkemahan  Wirakarya (PW) dan Perkemahan Bakti (PB) Asia Pasific Scout Competition on Habitat. Kegiatan itu semakin menguatkan Lebakharjo sebagai desa pramuka satu-satunya di Indonesia dan tercatat dalam buku kepanduan dunia.

"Tahun 1993, Perkemahan Comdeca (Community Development Camp) sedunia digelar dan semakin mengukukuhkan Lebakharjo sebagai desa pramuka dunia," ungkap Wiyadi yang masih mengingat desanya sebelum menjadi  tuan rumah PW Aspac 1978.

Dulu, Lebakharjo terisolasi dari desa lainnya. Jalan ke arah Malang harus dilalui jalan kaki karena tanjakan yang curam dan tebing dalam. Sungai Glidik yang berpangkal dari Gunung Semeru selalu membawa lahar dingin yang memindahkan aliran airnya ke kiri atau ke kanan. 

"Tidak ada listrik, sanitasi sangat buruk dan hasil pertanian sering membusuk karena tidak ada transportasi," ungkap Wiyadi yang juga mengenang kesehatan warga rendah dan pendidikan tidak tersentuh. "Pokoknya penduduk Lebakharjo saat itu seperti suku terasing,"imbuhnya.

Kini, gambaran muram tersebut sudah sirna di Desa Lebakharjo. Lewat kegiatan pramuka, seluruh peserta se-dunia bersama-sama warga membangun desa yang memiliki destinasi wisata Pantai Batu Licin nan sangat eksotik itu.

Maka, benar apa yang dikatakan Bupati Malang Dr H Rendra Kresna. Dia mengatakan, untuk dapat membangun masyarakat, memang diperlukan biaya yang sangat besar, di samping berbagai keterampilan. Tetapi, modal yang paling utama adalah kemauan dan kesanggupan anggota masyarakat itu sendiri untuk bersama-sama membangun dirinya serta membangun masa depan yang lebih baik. 

"Desa Lebakharjo telah membuktikannya melalui filosofi membangun kehidupan berdasarkan prinsip pramuka sebagai kawah candradimuka penggemblengan sikap, semangat dan jiwa yang berdasarkan Pancasila,"ujar Rendra. 

Jejak sejarah kepramukaan sejak zaman dulu masih berdiri gagah di Desa Lebakharjo. Jalan-jalan gang memakai istilah pramuka seperti jalan siaga, jalan penggalang ramu, jalan penegak, dan jalan pembina. Di pojok jalan terpampang berbagai Tugu Dasadarma dan Pancasila di pojok jalan. Monumen pramuka dan  rumah singgah Presiden Soeharto juga terawat dengan baik. Pun logo  PW Aspac dan Comdeca di tembok sekolah yang didirikan sejak adanya kegiatan Aspac dulu masih terlihat dengan jelas. (*)

Pewarta : Nana
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
  • Melihat Batik Khas Desa Tlogo Kabupaten Blitar, Keunikannya Diminati Warga Australia

    Batik merupakan budaya warisan nenek moyang Indonesia. Dan hampir setiap daerah di Indonesia punya batik yang berbeda-beda pola dan motif gambarnya.

  • Pilkada, Azan Pun Jadi Persoalan Bagi Bawaslu

    Ada yang menarik dari paparan yang disampaikan Bawaslu Provinsi Jawa Timur dalam sosialisasi Pengawasan Pemilu Bagi Ormas, LSM dan media. Komisioner Bawaslu, Aang Khunaifi memberikan contoh adanya calon yang melakukan azan dan ditayangkan di sebuah media.

  • Karena Foto, Panwaslu Tulungagung Putuskan Tiga ASN Bersalah, Kadis Tidak

    Tiga ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung dinyatakan bersalah oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulungagung.Tiga ASN yang terdiri dari dua Camat yaitu Camat Sumbergempol dan Camat Ngunut serta seorang Kepala Bidang (Kabid) di Di

  • Jalur On The Spot Pakusari, Masuk Penilaian OK BOS Dirlantas Polda Jatim

    Jalur tengkorak timur terminal Pakusari tepatnya di depan PTPN Kebun Kertosari Pakusari Jember jadi penilaian kegiatan “Open Karo Black On The Spot” (OK BOS) Daerah rawan kecelakaan lalu lintas (Blakcspot) dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim. Jalur di

  • Coba Gaya Foto OOTD Dengan Bantal

    Tidak bisa dipungkiri, gaya foto di media sosial Instagram jadi bukti eksistensi diri. Banyak cara eksis di media sosial. Salah satunya adalah mengunggah foto OOTD (Outfit of the Day) yang menarik. Buat kamu kawula muda, pasti dong tidak ingin tampil itu-

  • KPU Batu Mudahkan Pemilih Disabilitas

    Komisi Pemilihan Umum Kota Batu memberikan perhatian khusus kepada para disabilitas di Kota Batu untuk pelaksanaan coblosan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, pada Juni mendatang.

  • Suket Khusus Untuk Nyoblos Pilkada Dicetak Mulai 20 Mei

    Calon pemilih yang belum memiliki KTP elektronik tak perlu khawatir untuk menggunakan hak pilihnya. Karena untuk pilkada 2018, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerbi

  • Tingkatkan Mutu Pendidikan Pemkot Latih 1.343 Kepala PAUD

    Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Surabaya. Salah satunya dengan menggelar kegiatan workshop kemampuan kepada para guru pendidik PAUD (Pendidikan Anak Usia Di

  • Tekan Angka Kriminalitas, Sita Ratusan Botol Miras

    Sedikitnya, 13 krat miras berbagai ukuran dan merek diamankan petugas saat razia, Senin (23/4) malam kemarin. Selain itu petugas juga mengamankan 4 pemandu lagu yang sedang menemani pengunjung di salah satu tempat karaoke. Petugas juga mengamankan 4 unit

  • Pasangan Calon SAE Pilih Kampanye Senyap

    Pengerahan massa dalam jumlah banyak tidak selalu dilakukan pasangan calon kepala daerah. Seperti halnya yang dilakukan pasangan Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko (SAE).

  • Tanah Kavling Warga Dijual Oknum Pensiunan Lurah

    Pensiunan PNS Pemkot Probolinggo, diduga telah menjual tanah milik warga. Tanah kavling berukuran 5 X 22 meter yang berlokasi di Jalan Letjen Sutoyo Gang II, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, milik almarhum Ali Sumar orang tua Nur Eva Arimami (

  • Malaikat Maut Kembali Jemput Tiga Pemabuk Di Surabaya

    Korban terus berjatuhan akibat minuman keras (Miras). Sebelumnya tiga warga Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari tewas akibat menenggak miras. Terbaru, dua nyawa melayang diduga kuat karena miras oplosan.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top