Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

PU Bina Marga Rencanakan Buat Trase Jalan dan Jembatan Baru di Jurang Mayit Bantur

Penulis : Dede Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Jul - 2017, 19:06

Placeholder
Romdhoni, Kepala Dinas PU Bina Marga menyampaikan akan melaksanakan pembangunan trase jalan dan jembatan baru di jalan jurang mayit, Bantur yang merupakan jalur masuk ke Pantai Balekambang (Foto: Nana/ MalangTIMES)

Infrastruktur jalan sebagai bagian terpenting dalam akses pariwisata, terus digenjot pembangunannya oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang. 

Terutama akses jalan yang menuju ke wilayah wisata pantai Balekambang yang dinilai sangat berbahaya bagi kendaraan dan sangat rentan terjadi kecelakaan. Seperti di Jurang Mayit atau Jurang Klampok di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur yang memiliki tikungan tajam. 

Walaupun di tahun 2016 lalu telah dilakukan pelebaran jalan di area yang cukup banyak memakan korban jiwa, ternyata jalur Jurang Mayit ini masih tetap rawan bagi para pengendara. 

"Masih rawan di sana walau pun ada pelebaran jalan, terutama bagi para pengendara pemula atau yang berasal dari luar kota," kata Romdhoni, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Rabu (05/07).

Dengan kondisi tersebut, pihaknya sedang merencanakan proses pembangunan trase jalan dan jembatan baru di Jurang Mayit, Bantur. Proses pembangunan yang akan memindahkan trase jalan sekitar 1 kilometer (km) dengan cara menggeser ruas jalan dari kondisi saat ini, akan dimulai di tahun ini.

"Kita mulai tahun ini prosesnya, walau mungkin tidak akan selesai. Kita akan lanjutkan nanti penyelesaiannya di tahun 2018," ujar Romdhoni yang mengatakan nilai anggaran untuk mempermudah akses transportasi di wilayah tersebut sekitar Rp 5 Miliar.

Kondisi awal jalan Jurang Mayit ini memang sangatlah rawan. Kelokan tajam dan tanjakan yang tinggi kerap kali membuat keindahan wisata Pantai Balekambang dan sekitarnya, menelan korban. Selain hal tersebut jalan Jurang Mayit tidak memenuhi standar teknis yang akhirnya selalu menjadi momok bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke sana.

Nantinya, kata Romdhoni, jalan di Jurang Mayit tersebut akan lebih nyaman dan aman bagi wisatawan apabila pembangunan trase jalan baru dan jembatan telah diselesaikan.

"Jadi akan memangkas tikungan tajam dan tanjakan ekstrem. Selain itu secara teknis juga nantinya memenuhi standar," tambah Romdhoni.

Fokus menjadikan jalan yang merupakan akses utama masyarakat dan wisatawan menuju Pantai Balekambang dan pantai lainnya di wilayah Selatan Malang ini, semuanya akan dilakukan rehabilitasi dan pemeliharaan maupun pembangunan dengan standar teknis yang akan membuat nyaman dan aman saat dilintasi.

Karena menurut Romdhoni jalan-jalan wisata di wilayah selatan merupakan jalan strategis yang menjadi prasyarat tumbuh kembangnya dunia pariwisata di Kabupaten Malang.

“Beberapa jalan menuju ke tempat pariwisata akan terus diperbaiki dan ditingkatkan. Bila jalan wisata kondisinya sudah mulus dan berstandar secara teknis, maka akan mempermudah wisatawan ke beberapa tempat wisata. Eksesnya, dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Malang,” jelasnya. 

Sedangkan untuk Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang nanti akan terhubung juga ke wilayah Donomulyo sekitar 23 kilometer maupun ke arah Blitar di tahun depan juga akan mulai dilanjutkan melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Informasi awalnya seperti itu, mas. Kalau ini terealisasi maka saya yakin wisata pantai Malang Selatan akan semakin menggeliat di kunjungi wisatawan," pungkas Romdhoni.


Topik

Peristiwa PU-Bina-Marga Trase-Jalan Pantai-Balekambang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni