Inilah Tujuh Tips Memilih Laptop

ilustrasi bingung memilih laptop
ilustrasi bingung memilih laptop

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Laptop merupakan sebuah evolusi dari komputer yang sangat praktis dan merupakan barang pokok bagi pelajar atau pekerja. Laptop sendiri saat ini bukan merupakan lagi barang yang digolongkan sebagai kebutuhan tersier.

Hal seperti itu lumrah saja karena tuntutan pekerjaan serta perkembangan zaman. Dengan laptop, pekerjaan agar lebih mudah dan efisien. karena itu, memiliki laptop dan komputer merupakan hal wajib.

Laptop memang belum bisa digantikan sepenuhnya oleh perangkat mobile seperti smartphone maupun tablet. Bisa dibilang, saat ini laptop sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi beberapa kalangan. Contohnya pelajar atau para pekerja kreatif yang harus menyelesaikan pekerjaannya di mana dan kapan saja. Bukan hanya kaum profesional yang membutuhkan laptop dengan performa yang tinggi. Tentunya kita semua ingin membeli laptop yang benar-benar bisa diandalkan untuk menunjang berbagai macam tugas dan pekerjaan.

Berikut adalah beberapa tips-tips pilihan dari TULUNGAGUNGTIMES bagi Anda yang sedang mencari laptop.
1. Ketahui untuk apa kebutuhan kita
Hal pertama yang paling penting adalah mengetahui terlebih dahulu kebutuhan akan laptop yang akan kita beli dengan kebutuhan kita sendiri. Apakah nantinya laptop tersebut digunakan untuk hal-hal yang ringan saja seperti pengetikan atau untuk hal yang lebih berat seperti editing video.

2. Spesifikasi
Dengan Anda menyadari kebutuhan yang diperlukan, berikutnya memilih spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengenai spesifikasi, alangkah baiknya jika kita jadikan prioritas utama memilih laptop untuk dibeli nantinya. Laptop yang berkualitas pasti memiliki spesifikasi yang bagus pula, Anda harus cermat memilih laptop dan jangan sampai terkecoh dengan harganya. Sebaiknya memilih laptop kalau bisa harganya murah tapi kualitas bagus. Jangan sampai terbalik, harganya mahal tapi kualitasnya biasa-biasa saja. Paling tidak, pilih laptop dengan spesifikasi dan harga yang seimbang dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

3. Portabilitas
Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan harus membawa laptop ke mana pun Anda pergi, ukuran dan berat laptop harus diperhatikan. Hal ini tentu saja agar tidak merepotkan saat di perjalanan. Namun, pastikan desainnya solid dan tidak ringkih mengingat harus dibawa ke mana-mana. Sementara, Anda yang jarang membawa laptop ke mana-mana dan lebih banyak menggunakan laptop di kantor atau di rumah, bisa membeli laptop dengan ukuran layar yang lebih besar, misalnya 17 inci.

4. Daya Tahan Baterai
Kebanyakan laptop yang beredar saat ini tidak menawarkan daya tahan baterai yang cukup lama. Maksimal hanya sampai 6-8 jam. Nah, bagi Anda yang harus kerja kapan dan di mana saja, ketahanan baterai jelas menjadi prioritas utama juga. Ketahanan baterai ini memang sulit diukur karena ditentukan banyak faktor, terutama jumlah atau jenis aplikasi yang dijalankan dan jenis prosesor yang digunakan. Untuk mendapatkan yang terbaik, Anda bisa membaca review laptop yang diinginkan. Nantinya, Anda juga harus rajin melakukan perawatan baterai dengan baik untuk menjaga kualitas dan daya tahan baterai tetap awet.

5. Garansi Laptop dan Service Center
Selanjutnya yang perlu Anda teliti sebelum membeli laptop adalah garansi yang diberikan terhadap laptop tersebut. Sebuah laptop dapat diukur kualitasnya dari lama garansi yang diberikan. Semakin lama garansi yang diberikan pihak produsen kepada produksinya, itu semakin bagus.
Hal yang tidak boleh terlewatkan sebelum membeli laptop adalah lokasi service center. Alangkah lebih baik jika lokasi service center-nya tidak jauh dari tempat tinggal Anda. Tujuanya agar lebih mudah menghubungi ketika laptop yang Anda beli mengalami masalah.

6. Peningkatan Kinerja
Performa laptop akan menurun seiring dengan perjalanan waktu. Bagaimana jika kebutuhan Anda akan laptop tiba-tiba meningkat? Nah, kebanyakan laptop tidak akan bekerja dengan baik tanpa adanya upgrade. Dan biasanya pula, vendor menyediakan kemampuan yang memungkinkan Anda dapat mengganti atau menambahkan jumlah RAM hingga mungkin hard-drive. Jadi, cari tahu bagaimana kemampuan upgrade dari laptop dan apakah ada pembatalan garansi dengan melakukan upgrade tersebut.

7. Kelengkapan Konektivitas
Kelengkapan konektivitas juga tak kalah penting. USB misalnya. Port ini sangat diperlukan karena kebanyakan dari perangkat pendukung lainnya seperti mouse, flashdisk, modem, dan memory card membutuhkan port USB untuk menyambungkan ke laptop. Jadi, pilihlah laptop yang memiliki port USB setidaknya 3 buah. Selain itu, port pendukung lain yang juga harus ada adalah port HDMI/VGA, port LAN, dan WiFi.

Itulah tips-tips pilihan yang TULUNGAGUNGTIMES hadirkan bagi Anda yang sedang mencari laptop baru bagi Anda atau keluarga.(*)

Pewarta : Andi Mahifal
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Tulungagung TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top