Ini Rahasia Manfaat Benalu untuk Penyembuhan Penyakit

Benalu yang menempel pada pohon blimbing mampu menyembuhkan penyakit darah tinggi. (Foto: Sutrimo Tulungagung TIMES)
Benalu yang menempel pada pohon blimbing mampu menyembuhkan penyakit darah tinggi. (Foto: Sutrimo Tulungagung TIMES)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNGBenalu merupakan tanaman yang tumbuh parasit pada tumbuhan lain. Benalu menempel pada batang dengan mengisap sari makanan pada pohon yang ditempelinya. Dalam periodik tertentu, pohon yang ditempeli benalu lama-kelamaan akan kurus dan pada akhirnya mati.

Di balik sifatnya yang merugikan bagi pohon yang ditempeli, benalu ternyata memiliki khasiat untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit. Khasiat benalu tidak secara umum mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, namun tergantung pada pohon apa dan memiliki khasiat apa pohon yang ditempeli tersebut.

Sebagai contoh, saya sedang membuat jamu dari pohon benalu yang menempel pada pohon blimbing. Otomatis khasiat yang dimiliki benalu tersebut sama dengan khasiat pohon blimbing tersebut.

Yang sedkikit menjadikan berbeda, karena sifatnya benalu yang menyerap inti makanan dan kandungan yang dimiliki pohon yang ditempeli, maka benalu memiliki khasiat lebih. Inti sari khasiat yang dimiliki pohon yang ditempeli diserap penuh oleh benalu. Selain itu, benalu terhindar dari kontaminasi dari bakteri-bakteri yang berada di tanah karena sifat hidupnya yang menempel.

Ada beberapa cara untuk memperoleh manfaat benalu dijadikan obat herbal. Namun cara yang paling praktis adalah dengan cara mengeringkan daun benalu terlebih dahulu. Sebelum dikeringkan, cuci terlebih dahulu daun beserta pohon benalu dengan air yang mengalir. Pastikan tidak ada kotoran, terlebih jamur atau bercak lain yang menempel.

Mulailah menjemur saat matahari mulai memancarkan sinar panas. Hindarkan menjemur terlalu pagi karena akan terkena embun. Sebelum matahari mencapai puncak terik, yakni sekitar pukul 11.00 WIB, angkat daun benalu dan letakkan di tempat yang teduh.

Keesokan hari, jemur kembali daun benalu dengan cara yang sama. Hal yang penting diperhatikan adalah jangan sampai menjemur benalu sampai melewati matahari terik, apalagi sampai sore hari. Hal ini dilakukan karena di samping mengambil manfaat dari daun benalu, kita juga mengambil manfaat dari terik matahari pagi yang sangat baik bagi kesehatan.

Setelah kering, daun benalu siap dikonsumsi. Cara konsumsinya seperti membuat teh. Ambil benalu kering 2 sampai 3 helai daun plus pohonnya, kemudian sedu dengan air panas. Konsumsi secara rutin pagi dan sore hari. Ingat, jangan konsumsi jamu benalu dengan dicampur gula.

Selamat mencoba. Semoga bemanfaat. (*)

Pewarta : Sutrimo
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Tulungagung TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top