5 Tips Menjaga Laptop Anda ager Awet dan Tahan Lama

Ilustrasi merawat laptop (foto : www.vebma.com)
Ilustrasi merawat laptop (foto : www.vebma.com)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNGHalo Sahabat Times, banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar.

Meskipun harga laptop sekarang bisa dibilang cukup murah, merawat laptop perlu dilakukan agar komponen maupun bagian laptop tetap awet dan berumur lebih lama.

Jarang sekali mereka memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, daya tahan laptop berbeda dengan komputer yang cenderung kuat dan tahan lama. Untuk merawat laptop, Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu membawa laptop ke tukang servis secara berkala. Namun Anda dapat merawat sendiri laptop kesayangan Anda tanpa harus membayar tukang servis. Lalu bagaimana cara merawat laptop sendiri?

Berikut adalah 5 tips untuk menjaga laptop Sahabat Times agar awet tahan lama.

1. Menjaga Kebersihan Laptop
Menjaga kebersihan laptop memanglah tidak mudah. Terkadang banyak orang yang bingung harus dimulai dari mana untuk membersihkannya. Untuk melakukan pembersihan, dapat dimulai dari perawat keyboard, layar laptop, serta bagian luar laptop. Sebab, melalui bagian-bagian yang memiliki celah lubang, kotoran dapat masuk ke dalam laptop dan lama-kelamaaan dapat mengakibatkan berkurangnya kinerja laptop Anda, bahkan dapat mengakibatkan kerusakan.

2. Bahaya Overheat
Pernahkah Sahabat Times bermain laptop sambil berbaring di atas tempat tidur? Tak jarang sampai ditinggal tidur. Hati-hati, kebiasaan ini bisa menyebabkan laptop sahabat mengalami overheating! Sebab, ventilasi udara yang tertutup mengakibatkan panas laptop tidak terbuang dengan sempurna dan memengaruhi komponen yang ada di dalamnya.

3. Jangan paksa laptop untuk menjalankan aplikasi atau game yang berat
Jangan menjalankan aplikasi atau game berat di laptop kecuali laptop sahabat memiliki spesifikasi yang memenuhi spesifikasi yang sudah ditentukan untuk menjalankan aplikasi dan game tersebut. Jika Anda memaksa untuk menggunakannya, hal tersebut akan membebani kinerja processor, ram, vga dan komponen lainnya serta akan membuat laptop Anda menjadi cepat panas.

4. Jauhkan Makanan dan Minuman di Sekitar Laptop
Minuman yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya. Karena air merupakan musuh utama rangkaian elektronik, alangkah baiknya untuk menjauhkan minuman dari laptop sahabat. Lebih berhati-hatilah ketika menaruh makanan atau sedang asyik ngemil di dekat laptop. Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan pada celah-celah keyboard. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

5. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin
Kami sarankan membeli screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu guna melindungi layar laptop kesayangan Sahabat Times dari goresan. Bersihkan pula layar laptop Anda dari debu-debu yang menempel secara rutin.

Setelah membaca informasi di atas, kami harap Sahabat Times lebih memperhatikan lagi laptop sahabat. Rawatlah dengan baik-baik. Hindari hal-hal yang dapat membahayakan laptop kesayangan Anda.

Sekian informasi buat Sahabat Times hari ini. Kami sangat senang sekali jika tips dan informasi yang kami tulis bermanfaat bagi Sahabat Times. (*)

Pewarta : Andi Mahifal
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Tulungagung TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top