SMK Pemuda 3 Kesamben Gelar PLS Bernuansa Edukatif dan Kreatif

Penyematan tanda peserta PLS oleh Kabag Kesiswaan SMK Pemuda 3 Kesamben Suharto Handayani kepada siswa baru.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Penyematan tanda peserta PLS oleh Kabag Kesiswaan SMK Pemuda 3 Kesamben Suharto Handayani kepada siswa baru.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – 280 siswa baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pemuda 3 Kesamben, mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di sekolahnya, Jalan Bromo No 15, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Senin (17/7/2017) pagi.

PLS SMK Pemuda 3 Kesamben akan dilaksanakan selama 3 hari sesuai peraturan Permendikbud RI Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah.

"Ada 280 siswa baru yang ikut PLS, pelaksanaannya cuma tiga hari sesuai peraturan," kata Kepala Sekolah SMK Pemuda 3 Kesamben, Yulida Erawati, S.Pd, MM kepada BLITARTIMES.

Sebelum memulai kegiatan PLS, siswa baru mengikuti upacara bendera sekaligus sebagai pembukaan PLS.

Para siswa baru ini dibagi dalam beberapa gugus untuk nantinya diberikan materi PLS secara edukatif dan kreatif seperti pengenalan sekolah, pengenalan kewirausahaan, keorganisasian,  motivasi dan pentas seni.

“Ada satu materi, dimana siswa diajak mengenali ruangan sekolah, mengenal nama-nama Bapak dan Ibu Guru, mengenal ruang praktek, kantor dan perpustakaan,” terangnya.

“Sesuai aturan pemerintah yang baru, dalam PLS ini tidak boleh ada perploncoan, penekanan lebih kepada edukasi dan pengenalan lingkungan sesuai jurusan masing-masing. Dalam PLS ini siswa didampingi dan dibimbing oleh Guru,” Yulida menambahkan.

SMK Pemuda 3 Kesamben merupakan salah satu sekolah favorit di Blitar Raya. Dari tahun ke tahun perkembangan SMK Pemuda 3 Kesamben sangat signifikan, ini tampak dari jumlah siswa baru yang terus mengalami peningkatan. Untuk tahun ajaran 2017/2018  jumlah siswa baru naik 15% dari tahun sebelumnya.

“Kami ada 5 jurusan yakni teknik kendaraan ringan (TKR), teknik permesinan, kesehatan, pariwisata dan geologi pertambangan. Siswa baru paling banyak dari jurusan TKR yakni sebanyak 130 orang,” paparnya.

Siswa yang bersekolah di SMK Pemuda 3 Kesamben tidak hanya dari Kabupaten dan Kota Blitar, tapi ada pula yang dari luar daerah seperti Malang, Kediri, Tulungangung, Jombang. Bahkan, ada yang dari luar pulau seperti Kalimantan dan Papua. Ini merupakan sinyal positif yang menandakan SMK Pemuda 3 Kesamben semakin maju dan diminati masyarakat luas.

“Ada siswa baru yang dari luar daerah, baik jatim dan luar pulau seperti Kalimantan dan Papua,” jelasnya.

SMK Pemuda 3 Kesamben saat ini tengah berproses menjadi sekolah unggul berstandart Internasional.

Sekolah ini punya banyak jaringan penempatan kerja mulai dari beberapa perusahaan tambang di Kalimantan hingga PT Freeport.

Inovasi hebat lainnya, SMK Pemuda 3 Kesamben sudah melakukan MoU penyusunan kurikulum dengan PT Sritex Solo, PT Homecare Insan Medika Jogjakarta dan SMK 2 Depok Sleman.

“Kalau siswa mau, di PT Sritex Solo dan PT Homecare Insan Medika sudah pasti akan diterima kerja setelah lulus,” tukasnya.

Yulida menambahkan, SMK Pemuda 3 Kesamben juga menjalin kemitraan dengan Knowledge Exchange International (KEI). Melalui kerjasama ini, lulusan SMK Pemuda 3 Kesamben bisa kerja sambil kuliah di Australia.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
  • Ngaku Rasul, Pria Penghina Nabi Muhammad Ini Akhirnya Terciduk

    Mulutmu harimaumu. Pepatah inilah yang pantas disematkan kepada Rendra Hadikurniawan. Akibat ucapannya yang menghina Nabi Muhammad akhirnya dia dijebloskan ke penjara.

  • Produsen Miras Oplosan Di Ngadiluwih, Digerebek Polisi

    Tim gabungan Polres Kediri dan Polsek Ngadiluwih berhasil menggerebek sebuah produsen miras rumahan milik Agung Prayono (58) yang terletak di Desa Purwokerto, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Kamis (26/04/2018) Rumah produksi miras digerebek saat p

  • Bangun Instalasi Pengolahan Sampah Jadi Listrik, Pemkab Malang Terpilih sebagai Pilot Project Dunia

    Kabupaten Malang selangkah lebih maju dalam hal pengelolaan sampah. Hari ini (26/4/2018) Bupati Malang Rendra Kresna meresmikan sistem pengelolaan sampah organik menjadi kompos dan energi listrik atau Integrated Resource Recovery Center (IRRC) di kawasan

  • Rawan Diterjang Tsunami, BPBD Gelar Simulasi Tanggap Bencana

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan simulasi bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami bertempat di Lapangan Desa Tegalrejo, Tempursari, Kamis (26/04) siang tadi.

  • 2 motor dan 2 Hp Ludes

    Wilayah Polres Probolinggo Kota tengah diobok-obok kawanan pencuri. Kali ini kasus pencurian kendaraan bermotor dialami Sunarsis (63) pada Kamis (26/4) dini hari. Dua motor dan satu hand phone di dalam rumahnya digondol kawanan maling.

  • Lelang Proyek Sampai Dijaga Anjing K9, Ada Apa?

    Tender proyek di Kota Probolinggo dijaga ketat Satpol PP dan anggota Polres Probolinggo Kota. Bahkan, Polres yang dipimpin AKBP Alfian Nurrizal ini, juga menerjunkan anjing pelacak K9. Tak hanya itu, peserta tender yang masuk ke lokasi tender, undangannya

  • Perumahan Baru Rawan Dibobol Maling

    Aksi pencurian di wilayah Hukum Polres Probolinggo, terus bertambah. Kali ini menimpa penghuni rumah di perumahan Green Safana Tiga, Jalan Galunggung, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Ada sekitaran 4 rumah di maling di wakt

  • Maling Motor Di GOR Gedangsewu Terjungkal Dihadiahi Timah Panas

    Pelaku pencurian sepeda motor di depan GOR Gedangsewu Boyolangu beberapa waktu lalu, akhirnya dilumpuhkan Satresrim Polres Tulungagung. Pelaku yang diketahui Rahman Ardiantoro (18) warga Gedangsewu itu diamankan Satresrim di rumahnya dan dibawa ke Mako P

  • Tim Pengawas Minta Disdag Pasang Papan Informasi Setiap Ada Proyek

    Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang harus berbenah dalam menjalankan kegiatan pembangunan di lingkungan pasar. Seperti halnya dengan melakukan pemasangan papan kegiatan. Karena seringkali ada kegiatan revitalisasi tanpa ada papan informasi.

  • Direktur Yayasan Yang Tertangkap Nyabu Bukan PNS Pemkab Blitar, Ini Penjelaskan Bupati

    Penangkapan seorang PNS tersangkut narkoba Indah Susilowati (49) rupanya bukan dari PNS di bawah naungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar.

  • Bukan Cinta, Bidadari UM Bilang Ini Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

    Anak muda punya banyak kata mengungkapkan persoalan hidup. Urusan cinta tidak perlu ditanya. Ada saja kata-kata unik yang mereka buat. Termasuk salah satu yang menarik adalah akun Instagram @bidadarium.

  • Honor 9 Lite Resmi Dirilis, Marcom Buka Pre Order DP Rp 200 Ribu

    Tak butuh waktu lama bagi Honor untuk memasarkan perangkatnya di Indonesia. Honor 9 Lite yang baru diumumkan pada akhir Maret lalu dipastikan mulai menebarkan pesonanya dan bisa pre order di Counter HP Marcom dan New Marcom Blitar.

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top