Lakukan 8 Trik ini Supaya Kulkas Berusia Panjang

Ilustrasi via infoperabot.com
Ilustrasi via infoperabot.com

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG –  Pertama, jangan sekali-kali mengambil batu es yang berada di freezer dengan menggunakan benda tajam. Goresan benda tajam pada freezer akan mengakibatkan kebocoran pada pipa gas pendingin (freon) yang mengalir pada liuk-liuk pipa freezer.

Kebocoran pipa pada freezer akan mengakibatkan kulkas tidak bisa menghasilkan suhu dingin karena gas yang mengalir  dalam pipa freezer habis. Otomastis, air yang diletakkan pada freezer tidak dapat beku jadi es.

.Kedua, pastikan pintu kulkas tertutup rapat. Bila pintu kulkas tidak tertutup rapat dan suhu dinggin dari freezer keluar, hal ini akan mengakibatkan kompresor terus bekerja dan akan berakibat pada kerusakan.

Ketiga, jangan sering mencabut dan menyambungkan kulkas pada aliran listrik. Membiarkan kulkas tetap teraliri listrik akan lebih baik dibandingkan dengan sering mencabut dan menyambungkan kulkas pada aliran listrik.

Keempat, sesuaikan kekuatan daya listrik bila ingin memiliki kulkas. Seringnya otomatis MCB memutus arus listrik akibat kelebihan pemakaian daya juga akan berdampak buruk pada kulkas. Pasang paket yang besar bila ingin memiliki kulkas.

Kelima,  jangan terlalu banyak mengisi kulkas. Kulkas bila dimuati barang over, maka sirkulasi pendinginan akan lama. Proses pendinginan yang lama otomatis memporsir  kerja kompresor. Hal ini akan menimbulkan kerusakan pada kompresor.

Keenam, jangan memutar temperatur terlalu dingin. Memaksimalkan suhu pendingin berarti memorsir, memaksa kerja komponen-komponen kulkas, hal ini juga akan mempercepat kerusakan pada kulkas.

Ketujuh, bila hendak bepergian dalam jangka waktu lama, usahakan kulkas jangan kondisi nyala. Mematikan kulkas akan lebih baik bila ditinggal bepergian dengan waktu lama.

Terakhir, kedelapan, jauhkan posisi peletakan kulkas dari percikan air supaya tidak gampang berkarat. Demikian tips dari saya. Semoga bermanfaat.

Pewarta : Sutrimo
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Tulungagung TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top