Resep Tomyam, Masakan Khas Negri Gajah Putih ala Mahasiswi Tulungagung

Tomyam, masakan khas Thailand siap dihidangkan. (Foto: Sutrimo/ Tulungagung TIMES)
Tomyam, masakan khas Thailand siap dihidangkan. (Foto: Sutrimo/ Tulungagung TIMES)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Kali ini kru Tulungagung TIMES lawatan ke rumah salah satu mahasiswi salah satu kampus Tulungagung  pecinta kuliner yang waktu kuliah dulu  KKN di Thailand. Ya, namanya Hidayah.

Dia siap berbagi resep Tomyam, masakan khas Thailand. Apa saja resep dan cara membuatnya, berikut uraiannya.  

Untuk membuat satu porsi tomyam, siapkan bahan-bahan sebagai berikut : enam potong daging ayam yang dipotong kecil, dua siung bawang putih, Lengkuas seukuran setengah jempol tangan orang dewasa.

Selain itu juga siapkan batang serai  dua tangkai, daun jeruk dua lembar, separuh bawang bombay, cabai sesuai selera, satu helai daun bawang, satu tangkai daun seledri, dua  buah tomat, garam, minyak ikan, air, dan air limau.

Cara membuatnya. Tumis cabai yang masih utuh hingga setengah matang kemudian tiriskan. Sementara di tempat yang terpisah, siapkan panci yang telah terisi air dan masukkan ayam yang telah dipotong saat air sudah mendidih.

Tunggu hingga ayam setengah matang, kemudian masukkan bawang putih yang sudah dirajang, batang serai, bawang bombay yang sudah dirajang, daun jeruk, dan lengkuas yang telah digeprek.

Selanjutnya, masukkan juga  cabai, perasan air limau secukupnya, masukkan tomat yang telah dipotong, garam secukupnya, penyedap rasa, dan tambahkan minyak ikan secukupnya.

Setelah matang,  angkat dan taburi dengan daun bawang dan daun seledri yang telah dipotong-potong halus. Sajikan dengan irisan jeruk nipis (untuk yang suka rasa masam).

Nah, mudah bukan? Selamat mencoba. Semoga resep yang saya peroleh dari negri gajah putih ini bermanfaat.

Pewarta : Sutrimo
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Tulungagung TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top