Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Nyata, di SDN Besuki Hanya Ada 10 Siswa dengan 11 Pengajar. Begini Kondisinya..

Penulis : Anang Basso - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Aug - 2017, 13:22

Placeholder
Proses belajar di salah satu ruang kelas 4 dengan jumlah murid 1 anak dan 1 guru (Foto : TulungagungTIMES)

Belajar di SDN 4 Comanuk Besuki ini seakan mengikuti les privat. Bagaimana tidak SD ini hanya memiliki debanyak 10 murid dengan 10 guru dan 1 kepala sekolah. Tentu saja ini menjadi beban berat sekaligus tantangan untuk penyelenggara pendidikan di daerah terpencil di Tulungagung Selatan itu. 
"Ketakutan kami jika sampai sekolah ini ditutup atau dimerger (gabung), ini akan menjadi masalah bagi masyarakat Comanuk yang terdiri dari 44 KK dengan kegiatan ke hutan atau ladang pasti menyekolahkan anaknya jauh (jarak)," papar Susiati Kepala SDN 4 Comanuk. 

Susiati mengaku butuh kesabaran lebih untuk mengajar di sekolah kecil di tempat terpencil seperti SD yang dia pimpin. Pasalnya, selain fasilitas di sekolah jalan atau akses ke tempat pendidikan juga cukup sulit. 
"Sekarang sudah mudah ada Jalur Lintas Selatan (JLS) dan jalan di Cor, dulu sangat sulit. Apalagi di sini anak-anak dimomong oleh kakek atau neneknya karena rata-rata orang tua kerja di ladang atau jadi TKI," tambahnya. 

SD Negeri 4 Comanuk Besuki yang terletak di dusun Comanuk mempunyai 3 ruang yang terdiri dari 1 ruang kantor dan dua ruang kelas. Kelas 1, 2 dan 4 dijadikan 1 ruang, sementara kelas 5 dan 6 juga menjadi 1 ruang. Sedangkan kelas 3 tidak ada karena tidak mendapatkan murid saat itu. 

"Guru dengan jumlah 11 itu terdiri dari 4 PNS dan 7 lainnya GTT, tapi jangan berfikir mereka (GTT) dibayar lho tapi hanya mendapatkan insentif sangat kecil yang di alokasikan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang sebenarnya juga hanya sebagai transport yaitu Rp 50-150 ribu perbulan," ungkap Susiati. 

Ines Makaela Citra (9) murid kelas 4 SD yang sudah 4 tahun belajar di kelas tanpa teman mengaku senang menerima pelajaran dari guru secara face to face, menurutnya guru di sekolahnya sangat sabar. 
"Saya ingin jadi penyanyi, senang sekolah di sini karena gurunya sabar," ungkapnya polos. 

Sementara guru agama Ines, Tin Puji Astuti mengaku jika tidak ikhlas mengajar di sekolah yang jumlah muridnya sedikit akan tidak bertahan lama. 
"Mengajar satu anak dengan kemampuan yang bagus akan memberikan kita semangat untuk membuktikan bahwa mereka tidak kalah dengan yang di sekolah dengan siswa banyak, namun jika anaknya penangkapan materi kurang itu menjadi tantangan untuk menguji kesabaran guru di sekolah ini," kata Puji. 

SD Negeri 3 Besuki tersebut memang bertempat di pemukiman di jalur JLS dan harus masuk melewati ladang. Jumlah murid tahun 2013 total kelas 1 sampai kelas 6 ada 10 murid terdiri dari kelas 1 berjumlah 3,kelas 2 berjumlah 2, kelas 3 berjumlah 0 (kosong), kelas 4 berjumlah 1,kelas 5 berjumlah 1 dan kelas 6 berjumlah 3 anak. Murid laki-laki 6 dan perempuan 4 anak. Sementara pengajar di sana 11 orang terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 4 Guru PNS dan 7 guru lain berstatus honorer (GTT). 


Topik

Pendidikan SDN-Besuki SDN-3-Comanuk-Besuki kekurangan-siswa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Sri Kurnia Mahiruni