Dinkes Lakukan Imunisasi Campak dan Rubella ke Sekolah - Sekolah

Kepala Dinas Kesehatan pakai kopyah didampingi kepala Puskesmas Panji saat meninjau langsung pelaksanaan imunisasi di SDN 1 Curah Jeru (Foto : Heru Hartanto /SitubondoTIMES)
Kepala Dinas Kesehatan pakai kopyah didampingi kepala Puskesmas Panji saat meninjau langsung pelaksanaan imunisasi di SDN 1 Curah Jeru (Foto : Heru Hartanto /SitubondoTIMES)

JATIMTIMES, SITUBONDO – Untuk mengendalikan campak dan mengendalikan penyakit rubella (Congenital Rubella Syndrome yang mengakibat kecacatan bawaan bagi bayi yang dikandung ibunya, Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo melakukan imusisasi ke sekolah- sekolah dari tingkat PAUD, TK dan SD pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun, Rabu (20/08/2017).

“Imunisasi tersebut bertujuan mengendalikan campak dan rubella yang kemudian diikuti peralihan pemakaian vaksin campak menjadi vaksin MR ke dalam program imunisasi, karena hidup sehat hak semua anak,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Drs. H. Abu Bakar Abdi saat meninjau langsung imunisasi di SDN 1 Curah Jeru, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.

Lebih lanjut, Abu Bakar Abdi mengatakan, Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan. Kita ingin mewujudkan anak Indonesia yang sehat dan berkualitas di kemudian hari.

Pemberian imunisasi, sambung Abu Bakar Abdi, dilaksanakan dalam dua fase, yakni pada Agustus hingga September 2017 di seluruh wilayah Kabupaten Situbondo. “Pemberian imunisasi ini diberikan kepada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Kurang lebih sebanyak seratus empat puluh lima ribu jiwa anak yang mendapat Imunisasi tersebut. Sedangkan target yang kita inginkan dari pelaksanaan imunisasi ini 100 persen,” tutur Abu didampingi Kepala Puskesmas Panji.

Sebagai langkah awal, imbuh Abu Bakar Abdi, Pemerintah Kabupaten Situbondo melakukan imunisasi campak di sekolah-sekolah dan dilanjutkan ke posyandu-posyandu se Kabupaten Situbondo. “Secara serentak puskesmas se Kabupaten Situbondo melaksanakan pemberian imunisasi campak dan rubella ke sekolah sekolah termasuk di SDN 1 Curahjeru ini,” ucapnya.

Investasi untuk memerangi campak dan rubella, kata Abu Bakar Abdi, merupakan keharusan yang dilaksanakan seluruh dinas kesehatan di Indonesia termasuk Dinas Kesehatan Situbondo. “Agar drajad peningkatan kesehatan ibu dan anak semakin baik, maka Kementerian Kesehatan RI mengintruksikan seluruh Dinas Kesehatan se Indonesia melaksanakan Imunisasi Campak dan Rubella,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Situbondo TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top