Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pantai Sendang Biru Penghasil Ikan Tuna Terbesar di Indonesia

Penulis : Imam Syafii - Editor : Heryanto

10 - Aug - 2017, 09:33

Placeholder
Hasil tangkapan ikan tuna melimpah ruah di Pantai Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. (foto : Istimewa)

 

Kabupaten Malang yang memiliki brand baru 'The Heart of East Java' terkenal dengan destinasi wisata alamnya khususnya potensi kekayaan bahari yang melimpah.

Salah satunya Pantai Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang didaulat sebagai salah satu penghasil ikan tuna terbesar di Indonesia.

Kenapa ikan tuna menjadi primadona di Indonesia bahkan dunia? karena Ikan Tuna merupakan salah satu jenis ikan tangkap yang paling banyak diburu di berbagai negara dengan tingkat protein cukup tinggi dan harga jual yang cukup mahal.

Adapun jenis Ikan Tuna yang menjadi konsumsi makanan yang kerab tersaji di restoran dan rumah makan yang mewah di antaranya Yellowfin Tuna/sirip kuning, Bigeye Tuna/mata besar, Southtern Bluefin Tuna/sirip biru selatan, Albacore, Skipjack Tuna/cakalang, Small Tuna/tongkol.

Namun dari semua jenia ikan tuna itu, seperti diberitakan MalangTIMES sebelumnya bahwa Pantai Sendang Biru penghasil ikan tuna mulai jenis bluefin (sirip biru) hingga yellowfin (sirip kuning).

Kemudian potensi jumlah tangkapan ikan tuna dari nelayan berdasarkan Data dari Dinas Perikanan Kabupaten Malang akhir tahun 2016 lalu, hasil tuna tangkapan nelayan Sendang Biru sekitar 100 ton  setiap hari.

Dengan jumlah tangkapan ikan tuna sebanyak itu, Pantai Sendang Biru menjadi penghasil ikan tuna terbesar di Jawa Timur, dan salah satu penghasil ikan tuna terbesar di Indonesia.

Secara umum, sebaran ikan tuna di Indonesia terbagi menjadi 4 wilayah yakni di wilayah Pantai Timur Sumatera, Laut Natuna, Laut Bitung, dan Laut Arafura.

Saat dikonfirmasi MalangTIMES melalui selulernya, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati terkait tangkapan ikan tuna di Pantai Sendang Biru pertengahan tahun 2017 menjelaskan, "Saya belum tahu pastinya berapa jumlah tangkapan ikan tuna pertengahan tahun ini, secepatnya saya akan melaporkan hasil datanya mas," kata Endang melalui selulernya.


Topik

Peristiwa Pantai-Sendang-Biru Ikan-Tuna Kabupaten-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Heryanto