Cegah Tipes dengan Bumbu Dapur ini

Ilustrasi via alibaba.com
Ilustrasi via alibaba.com

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Kunyit, selain menjadi bumbu dapur ternyata juga memiliki khasiat yang bagus untuk mencegah tipes. Nah, bagaimana cara membuatnya, berikut cara membuat dan bahan tambahannya.

Pertama-tama siapkan dua ruas kunyit yang masih segar dan berkualitas baik. Rendam di air bersih selama 45 menit saat supaya sisa tanah yang menempel pada lekuk-lekuk kunyit bisa rontok.

Bersihkan, dan yang terakhir siram atau masukkan kunyit ke dalam air panas.  Parut kunyit sampai halus, atau bisa juga diblender sampai halus. Saring parutan kunyit dengan kain halus yang bersih hingga semua air dan ampasnya benar-benar terpisah.

Selanjutnya siapkan satu telur ayam kampung yang sudah dicuci bersih. Pecahkan telur ayam kampung, pisah kuning telur dan putihnya, kemudian tambahkan kuning telur ke dalam perasan air kunyit.

Tambahkan satu sendok makan madu asli. Yang paling bagus madu yang benar-benar berasal dari hutan, bukan madu campuran atau madu dari hasil lebah ternak. Aduk hingga benar-benar semuanya tercampur.

Setelah semua larut jamu kunyit siap dikonsumsi. Cara minumnya pagi hari satu jam sebelum sarapan. Konsumsi secara rutin satu minggu sekali. Atau setidaknya dalam satu bulan mengkonsumsi dua sampai tiga kali.

Nah, mudah bukan cara dan perolehan bahannya. Jaga selalu kesehatan kamu ya. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

Pewarta : Sutrimo
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Tulungagung TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top