Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bupati Blitar Resmikan BUMdes Mart Desa Ngoran

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Lazuardi Firdaus

13 - Aug - 2017, 16:40

Placeholder
Bupati Blitar Rijanto bersama kades Ngoran, Muspika Kecamatan Nglegok dan pemain jaranan usai peresmian BUMdes Mart.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Bupati Blitar Rijanto meresmikan langsung Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Mart Karya Mandiri di Desa Ngoran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Sabtu (12/8/2017) malam.

Tampak hadir Kepala Dinas Koperasi dan UKM Indra Gunawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mudjianto, camat Nglegok,  kapolsek Nglegok AKP Agus Tri, danramil Nglegok dan tamu undangan lainnya.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan tali pita oleh Bupati Rijanto didampingi kepala desa dan Muspika Kecamatan Nglegok. Bupati juga meninjau isi dalam BUMdes setelah peresmian.

“Berdasarkan data saya, dari 220 BUMdesa yang sehat itu ada 70. Trmasuk BUMdes Desa Ngoran ini,” kata Rijanto.

“Malah dari BUMdes-BUMdes itu ada yang punya prestasi di tingkat regional dan nasional, contoh BUMdes di Desa Kedungbanteng juara tingkat Jawa Timur dan BUMdes Minggirsari juara tingkat nasional. Harapan kami, BUMdes dapat mengangkat ekonomi masyarakat desa karena bagaimanapun basis ekonomi pedesaan sangat luar biasa. Kreativitas dan inovasi pengurus BUMdes ini sangat kita harapkan,” tambahnya.

Bupati berharap BUMdes Mart Desa Ngoran tidak akan hanya menjual produk kebutuhan sehari-hari, namun juga menjual produk unggulan desa seperti gula kelapa, sambel pecel.

“Dan BUMdes Mart ini berada di jalur wisata (jalan utama Desa Ngoran), jadi sangat strategis. Semoga BuMdes Desa Ngoran berkembang pesat dan bisa memberikan kesejahteraan untuk masyarakat,” tukasnya.

Sementara, Kepala Desa Ngoran Imam Syaiful menerangkan bahwa nantinya BUMdes Mart akan menjadi wadah untuk memasarkan produk-produk UKM Desa Ngoran. Sehingga produk hasil karya masyarakat akan dapat bersaing dengan produk yang sudah berkelas nasional.

“Harapan kam,i BUMdes akan menjadi motorbsebagai marketing. Jadi produk UKM Desa Ngoran akan kami kenalkan melalui BUMdes Mart dan jaringan yang kami miliki. Dengan BUMdes Mart ini semoga produk kami di era berkembangnya desa wisata ini bisa lebih dikenal lagi khususnya di seluruh penjuru Kabupaten Blitar,” pungkasnya.

Bersamaan dengan peresmian BUMdes Mart ini, Pemerintah Desa Ngoran juga menggelar pameran produk unggulan desa. Beberapa yang dipamerkan di antaranya gula kelapa, kendang, pasir kucing dan aneka jajanan. Acara semakin meriah dengan penampilan reog Ponorogo.(*)


Topik

Peristiwa Bupati-Blitar BUMdes-Mart



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Lazuardi Firdaus